PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH DINIYAH ‘AISYIYAH BONDRANG SAWOO TAHUN 2016
RIVAI, ADIF (2016) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH DINIYAH ‘AISYIYAH BONDRANG SAWOO TAHUN 2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (672kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (275kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
Preview |
Text
daftar pustaka skripsi adib.pdf Download (169kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN NEW.pdf Download (288kB) | Preview |
Abstract
Sebagai sebuah lembaga non formal, keharmonisan dalam keluaga sangat
menentukan kepribadian anak kaena dengan keluaga yang harmonis akan berdampak
positif bagi ptumbuhan dan perkembangan anak, dalam keluarga yang harmonis
didalamnya terdapat hubungan yang akrab antara anggota keluaga, perhatian orang tua
terhadap anak-anaknya sehingga akan berdampak poistif dalam motivasi/ semangat siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui keharmonisan keluarga siswa
Madrasah Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo, Untuk mengetahui Apakah
terdapat pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa Madrasah
Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo dan Untuk mengetahui Sejauh mana
pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah
„Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo. Variabel terikat (x) dalam penelitian ini adalah
pengaruh keharmonisan keluarga , sedang variabel bebasnya (y) adalah motivasi belajar
siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu
hasil pengolahan data dengan menggunakan perhitungan statistik. Sedangkan instrument
penelitian ini menggunakan penyebaran angket kepada siswa. Populasi berjumlah 60 anak
dengan mengambil sampel sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data variabel x, yang
diperoleh melalui penyebaran angket sebanyak 20 soal tentang keharmonisan keluarga,
dan 20 soal tentang motivasi belajar.
Setelah melaksanakan analisa dan pembahasan dalam penelitian ini, maka
penulis dapat mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar
siswa, Terdapat pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa dengan
menghasilkan rxy sebesar 0,77 berada pada interval 0.61 – 0.80, maka jika
dikonsultasikan pada table interpretasi data tersebut dalam kategori adanya pengaruh yang
tinggi. Dengan demikian semakin tinggi motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah
„Aisiyah Bondrang Sawoo Ponorogo. Begitu pula sebaliknya semakin rendah
keharmonisan keluarga akan semakin buruk pula motivasi belajar siswa Madrasah
Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo. Uji koefisien determinasi diperoleh 59%
berarti motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah „Aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo
sebanyak 59 % dipengaruhi oleh keharmonisan keluarga. Kesimpulan yang diperoleh
bahwa adanya korelasi yang tinggi antara keharmonisan keluarga terhadap motivasi
belajar siswa Madrasah Diniyah „aisyiyah Bondrang Sawoo Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:17 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |