STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK (Studi Kasus di MI MUHAMMADIYAH 3 Ngunut Babadan Ponorogo)
LUTFI SA`ADAH, AZURA (2016) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK (Studi Kasus di MI MUHAMMADIYAH 3 Ngunut Babadan Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB IV.docx new.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: strategi pembinaan dan akhlak
Di MI Muhammadiyah 3 Ngunut para siswa siswinya yang cukup aktif
akan hal hal baru yang ada disekitarnya, sopan santun yang masih terjaga
walaupun ada satu dua anak yang masih perlu bimbingan khusus dan ramah
tehadap tamu sehingga membuat suasana yang harmonis dan keakraban antar
sesama teman juga bapak ibu guru. Selain itu disini juga diterapkan kedisipilan
dan kejujuran. Disiplin dalam mematuhi peratutan sekolah dan jujur terhadap diri
sendiri maupun orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa nilai akhlak yang
ditanamkan di MI Muhammadiyah 3 Ngunut, bagaimana strategi pembinaan
akhlak di MI Muhammadiyah 3 Ngunut dan apa saja kendala dalam proses
pembinaan akhlak di MI Muhammadiyah 3 Ngunut Babadan Ponorogo.
Objek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di MI
Muhammadiyah 3 Ngunut yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
terkumpul terkait dengan strstegi pembinaan akhlak di MI Muhammadiyah 3
Ngunut di analisis secara kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai akhlak yang
ditanamkan di MI Muhammadiyah 3 Ngunut Babadan Ponorogo adalah:
kejujuran, kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, sopan santun dan
kebersihan. 2) Strategi pembinaan akhlak di MI Muhammadiyah 3 ngunut
menggunakan beberapa metode diantaranya adalah dengan metode nasehat,
metode anjuran , metode pembiasaan, metode keteladanan. Namum dari beberapa
metode tersebut yang paling efektif adalah metode pembiasaan. 3) Kendala yang
dihadapi dalam pembinaan akhlak di MI Muhamadiyah 3 ngunut adalah
kurangnya komunikasi antara guru dengan siswa dan anatar wali murid,
keterbatasan waktu disekolah untuk selalu mengontrol dan mengawasi siswa
siswinya. Dikarenakan anak-anak lebih banyak waktu dirumah dan kurangnya
kasih sayang orang tua kepada anaknya, dimana anak tersebut ditinggal orang
tuanya bekerja sehingga mengakibatkan anak mudah terpengaruh oleh lingkungan
dan teman-temannya dan bahkan bisa berbuat yang negatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 03:26 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 03:26 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |