PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI BA ’AISYIYAH NGLUMPANG MLARAK PONOROGO



TRIYULIANTI, ANIS (2016) PENERAPAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI BA ’AISYIYAH NGLUMPANG MLARAK PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci :Penerapan, Pendidikan akhlak, Anak Usia Dini.
Pendidikan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan
manusia, terutama penerapan akhlak pada usia dini yang dapat menentukan akhlak
selanjutnya. Di BA ‘Aisyiyah Nglumpang sikap anak-anaknya sopan, mereka
ketika bertemu dengan guru baik di sekolah maupun di tempat lain langsung
mengucapkan salam, dan ketika ada tamu mereka langsung berjabat tangan dan
mengucapkan salam tanpa diperintah guru. Selain itu anak-anak sudah
ditanamkan untuk bersodaqoh, yaitu ketika panen padi mereka membawa hasil
panen padi yang beratnya tidak ditentukan, bagi yang tidak memiliki padi dapat
berupa uang seikhlasnya dan dari hasil sodaqah tersebut digunakan untuk
kebutuhan lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan
pendidikan akhlak pada anak usia dini di BA’Aisyiyah Nglumpang Mlarak
Ponorogo.
Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di BA’Aisyiyah
Nglumpang yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Tehnik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait
penerapan pendidikan akhlak pada anak usia dini di BA’Aisyiyah Nglumpang
dianalisis secara kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) penerapan pendidikan akhlak
pada anak usia dini di BA’Aisyiyah Nglumpang menggunakan beberapa metode
diantaranya metode keteladanan, pembiasaan, dan nasehat, serta metode
bernyanyi dan bercerita. Namun yang paling efektif adalah metode pembiasaan. 2)
Hasil yang dicapai dalam penggunaan metode pembiasaan untuk menerapkan
pendidikan akhlak adalah baik sekali karena dalam penilaian perkembangan anak
di BA’Aisyiyah Nglumpang anak mampu melaksanakan pembiasaan perilaku
akhlak secara rutin tanpa diperintah dan sesuai dengan indikator yang diharapkan
dan anak melakukan baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Kiat guru
dalam menghadapi karakteristik anak yang berbeda dan anak yang bandel adalah
melalui pendekatan, pujian dan nasehat. Komunikasi guru dan orang tua
merupakan cara guru dalam mengemas dan mengontrol pendidikan akhlak.
Sehingga dari penerapan pendidikan akhlak di sekolah dapat sejalan dengan
penerapan pendidikan akhlak di lingkungan rumah. 3) kendala yang dihadapi guru
dalam penerapan pendidikan akhlak pada anak usia dini di BA’Aisyiyah
Nglumpang adalah pendidikan akhlak di sekolah tidak sejalan dengan penerapan
akhlak di rumah, karena anak lebih banyak waktunya di rumah dari pada di
sekolah, jadi guru sulit untuk mengontrol kegiatan anak. Karena kesibukan orang
tua, kurangnya perhatian dan kasih sayang berakibat anak tanpa control dan
pengawasan orang tua sehingga anak mendapat pengaruh negatif dari pergaulan
Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:39
Last Modified: 28 Oct 2016 03:39
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item