PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PEREBUTAN BENTENG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF AL MUKARROM PADA MATERI ALJABAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014
RIFKAYANI, LUTHFIAN (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PEREBUTAN BENTENG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF AL MUKARROM PADA MATERI ALJABAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (146kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Rifkayani, Luthfian. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Teknik
Perebutan Benteng Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VII MTs
Al-Mukarrom Pada Materi Aljabar. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing Dwi Avita
Nurhidayah, M.Pd..
Kata Kunci :Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Perebutan
Benteng.
Siswa di jaman sekarang mudah tergiur akan kecanggihan tekhnologi
yang semakin mudah di akses dimana saja dan kapan saja sehingga mereka
enggan belajar, terlebih lagi untuk belajar matematika. Selain itu kendala yang
sering dihadapi para pendidik dalam proses belajar mengajar yakni banyak anak
yang kurang aktif dalam kelas pada saat proses belajar mengajar. Maka dari itu
penulis mengadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif teknik perebutan benteng atau lebih kita kenal dengan permainan
betengan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah
pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik perebutan benteng terhadap
peningkatan prestasi belajar serta apakah terdapat peningkatan prestasi belajar
siswa dengan model pembelajaran kooperatif teknik perebutan benteng di kelas
VII Mts Ma’arif Al-Mukarrom pada tahun ajaran 2013/2014, Kecamatan
Sumoroto, Kabupaten Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Al-Mukarrom dengan jumlah
populasinya adalah 100 siswa yang terdiri dari 4 kelas sedangkan sampelnya
berjumlah 44 siswa yakni 22 siswa di kelompok eksperimen dan 22 siswa di
kelompok kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah peningkatan
prestasi belajar, sedangkan variabel bebasnya adalah teknik perebutan benteng.
Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi.
Berdasarkan pada data yang diperoleh dan analisisnya, maka
kesimpulan merupakan langkah terakhir dari suatu penelitian. Pada analisis yang
telah dilakukan diperoleh nilai thitung 2.01 dan ttabel 1.68 itu artinya H0 ditolak dan
H1 diterima yang berarti dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang
diajar dengan model pembelajaran kooperatif teknik perebutan benteng lebih baik
daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 01:59 |
Last Modified: | 16 Apr 2014 01:59 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |