PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMPN 2 KAUMAN
SARI, JUNITA (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMPN 2 KAUMAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (536kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (50kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pendekatan
pemecahan masalah dengan metode Polya pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2
Kauman yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa, (2) peningkatan
kemampuan penalaran matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Kauman dalam
pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode
Polya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara
kolaboratif oleh guru dan peneliti. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus,
pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, dan
refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes
kemampuan penalaran matematika dan lembar observasi aktivitas belajar siswa
menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan metode Polya. Pengumpulan data
dilakukan dengan pelaksanaan tes kemampuan penalaran matematika siswa dan
observasi terhadap aktivitas belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata presentase
kemampuan penalaran matematika siswa mencapai 58,57% dan pada siklus II, rata-rata
kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 81,10% dan rata-rata setiap
indikator kemampuan penalaran matematika siswa meningkat dari siklus I ke siklus II
sehingga minimal berada pada kualifikasi baik. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan
pemecahan masalah dengan metode Polya dapat meningkatkan kemampuan penalaran
matematika siswa.
Kata Kunci: Pendekatan Pemecahan Masalah, Metode Polya, Penalaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 02:47 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 02:47 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |