PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI A MA MA’ARIF BALONG TAHUN AJARAN 2016/2017



INDA IMTIHANI, KARTIKA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI A MA MA’ARIF BALONG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas XI A MA Ma’arif Balong Tahun Ajaran 2016/2017 dan
(2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI A MA
Ma’arif Balong Tahun Ajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran inkuiri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di MA Ma’arif Balong. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI A MA
Ma’arif Balong Tahun Ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian tindakan
kelas ini terdiri dari 3 siklus,dimana setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan,
pelaksanaan,observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, observasi aktivitas guru dan siswa
dalam proses pembelajaran, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, observasi, dan catatan
lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dianalisis dari
aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan selama proses pembelajaran dan hasil tes
kemampuan pemecahan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI A MA
Ma’arif Balong tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator
sebagai berikut: (1) kemampuan siswa dalam memahami masalah menunjukkan
peningkatan dari 83,2% pada siklus I menjadi 92,8% pada siklus II dan menjadi 99,2%
pada siklus III. (2) kemampuan siswa dalam menyusun rencana penyelesaian masalah
menunjukkan peningkatan dari 78,2% pada siklus I menjadi 82,1% pada siklus II dan
menjadi 89,2% pada siklus III. (3) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana
penyelesaian masalah menunjukkan peningkatan dari 65,3% pada siklus I menjadi 70,2%
pada siklus II dan menjadi 85% pada siklus III. (4) kemampuan siswa dalam melakukan
pengecekan kembali menunjukkan peningkatan dari 60,8% pada siklus I menjadi 67,8%
pada siklus II dan menjadi 85,4% pada siklus III
Kata kunci : model pembelajaran inkuiri, kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:05
Last Modified: 17 Nov 2016 03:05
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item