PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP
Nurhidayah, Dwi Avita (2015) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP. PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP, 3 (2). pp. 13-24. ISSN e-ISSN : 2527-7049 | p-ISSN : 2303-3800
![]() |
Text
Artikel 1.pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
Turnitin Artikel 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang
memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, motivasi berprestasi
tinggi, sedang atau rendah, dan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik
serta untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara motivasi berprestasi
dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan
faktorial 3x3 dengan sel tak sama dengan bantuan program minitab. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP se kecamatan kota Ponorogo,
sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1
Ponorogo, SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo dan SMP Ma’arif Ponorogo yang
diambil secara acak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang
mempunyai motivasi berprestasi tinggi, motivasi berprestasi sedang, dan
motivasi berprestasi rendah memiliki prestasi belajar matematika yang berbeda.
Dari uji lanjut pasca analisis variansi antar baris diperoleh: motivasi berprestasi
tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada motivasi berprestasi
sedang, motivasi berprestasi tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik
daripada motivasi berprestasi rendah, motivasi berprestasi sedang memberikan
prestasi belajar yang lebih baik daripada motivasi berprestasi rendah. Ketiga tipe
gaya belajar memberikan efek yang sama terhadap prestasi belajar matematika,
yaitu berdasarkan prestasi belajar matematika siswanya tidak ada perbedaan
atau memberikan prestasi belajar yang sama.Tidak ada interaksi antara motivasi
berprestasi dengan tipe gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Dengan demikian karena tidak ada interaksi, maka karakteristik perbedaan jenis
gaya belajar siswa akan sama pada setiap motivasi berprestasi
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Gaya Belajar, Prestasi Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Berprestasi, Gaya Belajar, Prestasi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 28 Nov 2016 06:12 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:21 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |