INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DONGENG



Nuryanto, Sidik (2015) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DONGENG. Prosiding Seminar Nasional 2015 Revolusi pendidikan Karakter Bangsa.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of full paper ap3kni.pdf]
Preview
Text
full paper ap3kni.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter keberadaannya saat ini masih diperlukan untuk menghasilkan
generasi yang berkarakter kuat dan cerdas. Mengingat saat ini masih banyaknya kasus
rendahnya moral yang selalu mengalami peningkatan. Penguatan pendidikan karakter sejak
dini sebagai langkah yang tepat untuk dapat menanggulangi hal tersebut. Mereka yang
berada pada masa keemasan sehingga jika pendidikan karakter sejak dini berhasil, maka
ketika dewasa kelak nilai karakter dapat diimplementasikan dalam kehidupannya. Dongeng
sebagai metode penyampaian nilai karakter yang relevan dengan anak usia dini. Mereka
lebih suka berimajinasi dalam menerima perkembangan moralnya. Sehubungan dengan itu,
maka artikel hasil penelitian kualitatif ini mengungkap tentang tahapan internalisasi nilai
karakter beserta nilai yang dibiasakan pada anak di TK Lazuardi Kamila Surakarta.
Hasilnya internalisasi dimulai dari mengenal nilai, merasakan nilai dan melakukan nilai.
Adapun nilai karakter berupa nilai karakter islami yang berbasis makrifatullah dan nilai
karakter panduan dari pemerintah.
Kata Kunci: dongeng, pendidikan karakter, anak usia dini

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Proceeding
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 19 Dec 2016 07:00
Last Modified: 19 Dec 2016 07:00
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item