MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL KOOPERATIVE TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION
Nuryanto, Sidik, Kuswadi, Kuswadi and Sadiman, Sadiman (2015) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL KOOPERATIVE TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Preview |
Text
cover.pdf Download (113kB) | Preview |
Preview |
Text
jurnal skripsi JPD.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
The purpose of this research is to improve the understanding of the concept light
and nature with cooperative learning model Team Assisted Individualization in the fifth grade
student of SDN I Tegalrejo. This research used Classroom Action Research with two cycles .
Each cycle consists of 4 phases: planning,action realization, evaluation and reflection. The
technique of colleting the data is observation, interview, test and documentation. The technique
of data descriptive comparative technique. Interactive technique has three components data
reduction, data presentation, and conclucion. As a result, cooperative learning model Team
Assisted Individualization can improve can improve understanding ofthe concept light and nature
in fifth grade students.
Abstrak: Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman konsep cahaya dan sifatnya
dengan model kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V SD Negeri I
Tegalrejo. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari
4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggnakan teknik deskripitif komparatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe TAI dapat meningkatkan pemahaman konsep cahaya dan sifatnya.
Kata Kunci: Pemahaman konsep cahaya dan sifatnya, Team Assisted Individualization
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Research |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 07:03 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 07:03 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |