MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL KOOPERATIVE TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION



Nuryanto, Sidik, Kuswadi, Kuswadi and Sadiman, Sadiman (2015) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA DAN SIFATNYA DENGAN MODEL KOOPERATIVE TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION. Jurnal Pendidikan Indonesia.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of jurnal skripsi JPD.pdf]
Preview
Text
jurnal skripsi JPD.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

The purpose of this research is to improve the understanding of the concept light
and nature with cooperative learning model Team Assisted Individualization in the fifth grade
student of SDN I Tegalrejo. This research used Classroom Action Research with two cycles .
Each cycle consists of 4 phases: planning,action realization, evaluation and reflection. The
technique of colleting the data is observation, interview, test and documentation. The technique
of data descriptive comparative technique. Interactive technique has three components data
reduction, data presentation, and conclucion. As a result, cooperative learning model Team
Assisted Individualization can improve can improve understanding ofthe concept light and nature
in fifth grade students.
Abstrak: Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman konsep cahaya dan sifatnya
dengan model kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V SD Negeri I
Tegalrejo. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari
4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggnakan teknik deskripitif komparatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe TAI dapat meningkatkan pemahaman konsep cahaya dan sifatnya.
Kata Kunci: Pemahaman konsep cahaya dan sifatnya, Team Assisted Individualization

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Research
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 19 Dec 2016 07:03
Last Modified: 19 Dec 2016 07:03
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item