NILAI-NILAI EDUKASI DALAM SENI REYOG PONOROGO
Kurnianto, Rido and Lestarini, Niken (2015) NILAI-NILAI EDUKASI DALAM SENI REYOG PONOROGO. Jurnal el Harakah, 17 (02).
Preview |
Text
Artikel Elharakah Rido.pdf Download (497kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pendidikan karakter Konco Reyog di sekolah-sekolah
yang digali dari makna simbol seni Reyog Ponorogo. Selanjutnya muatan
tersebut dikaji basis relevansinya dengan pendidikan Islam, yang selama ini
belum tersentuh. Data yang diperoleh dari orang kunci (key person), yaitu tokoh
warok, yayasan Reyog, para pengampu pembelajaran Reyog, dan para seniman
pendamping, dideskripsikan secara analitis kualitatif untuk menyusun modul
pendidikan karakter Konco Reyog berbasis pendidikan Islam. Temuan pokok
penelitian ini adalah bahwa dalam seni Reyog Ponorogo memiliki sejumlah
simbol yang sarat dengan nilai dan makna, diantaranya adalah nilai pendidikan.
Nilai-nilai tersebut memiliki relevansi yang sangat kuat dengan sejumlah nilai
yang terkandung di dalam pendidikan Islam. Pada perkembangannya, nilainilai
pendidikan dalam seni Reyog Ponorogo ditanamkan secara sistematis
melalui lembaga pendidikan sekolah. Posisinya cukup kuat karena masuk
dalam kurikulum intrakurikuler sebagai muatan lokal berbasis kearifan lokal.
Nilai-nilai pendidikan berbasis seni Reyog Ponorogo ini sangat dimungkinkan
menjadi alternatif model pendidikan karakter dalam rangka menanamkan
nilai dan makna hidup luhur berbasis pendidikan Islam.
Keywords: Konco Reyog, Character Education, Islamic Education, Model
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Research |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 04:41 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 04:41 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |