PEMBUATAN GAME “TEMPO DOELOE “ MENGGUNAKAN SOFTWARE ROLE PLAYING GAME ( RPG ) MAKER VX ACE



PRASETYO, AGUNG (2017) PEMBUATAN GAME “TEMPO DOELOE “ MENGGUNAKAN SOFTWARE ROLE PLAYING GAME ( RPG ) MAKER VX ACE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (969kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Game menjadi salah satu media belajar yang sangat diminati oleh kalangan pelajar, game
dapat menjadi suatu proses “fine tuning” (atau penyamaan frekuensi)dari logika berpikir anakanak
kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan,
game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi
dan mengambil keputusan cepat yang jitu. Salah satu teori sederhana adalah anak-anak lebih
suka bermain daripada belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Metode
Observasi (2) Studi Pustaka (3) Perancangan Sebuah Game (4) Uji Coba Kelayakan Game (5)
Demo Kelayakan Game . Tahap analisis kebutuhan mencangkup kebutuhan standar kompetensi
dan kompetensi dasar, serta analisis kebutuhan hardware dan software. Game RPG (Role
Playing Game) “Tempo Doeloe” di buat dan dirancang mengunakan software RPG Maker VX
Ace sebagai aplikasi pembuat game dan menggunakan software Adobe Photoshop sebagai
aplikasi desain tampilan game. Dengan adanya game “Tempo Doeloe” dapat menambah
wawasan bagi user dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam game,
sehingga menimbulkan kesan belajar sambil bermain itu menyenangkan. Berdasarkan hasil
analisis dan uji coba, game “Tempo Doeloe” yang penulis buat mudah dimengerti dan dapat
menjadi sarana pembelajaran yang baik bagi pelajar maupun masyarakat yang mengerti
teknologi komputerisasi pada umumnya.
Kata kunci :Game, Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace, Tempo Doeloe

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 18 May 2017 02:30
Last Modified: 18 May 2017 02:30
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item