MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017



SIDARTA, BENY PURBA (2017) MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JETIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Motivasi, Belajar, PKn
Motivasi berasal dari kata Latin “movere” yang berarti dorongan atau
menggerakkan. “Motivasi sangat diperlukan dalam pelaksanaan aktivitas manusia
karena motivasi merupakan hal yang dapat menyebabkan, menyalurkan dan
mendukung perilaku manusia supaya mau bekerja giat dan antusias untuk
mencapai hasil yang optimal” (Malayu S.P Hasibuan, 2001:141). Namun masih
banyak siswa mengalami kesulitan belajarnya pada mata pelajaran PKn, terlihat
dari adanya siswa-siswa yang enggan belajar dan kurang bersemangat dalam
menerima pelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran PKn. Siswapun yang
belum aktif dalam mengerjakan soal yang diberikan. Sehingga hasil belajarnyapun
menjadi kurang memuaskan karena masih banyak nilai dibawah standar.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana proses
pembelajaran PKn yang diajarkan guru di dalam kelas. (2) Untuk mengetahui
bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 jetis tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Menjadi subyek penelitian atau nara sumber dalam penelitian ini adalah, guru
mata pelajaran PKn, dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jetis. Data dianalisis
melalui 3 (tiga) langkah kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran
PKn yang dilakukan oleh guru di dalam kelas begitu menarik siswa dengan
adanya motivasi-motivasi yang diberikan guru di sela-sela pembelajaran serta
seringnya guru memberikan motivasi penguat dalam mencapai tujuan
pembelajaran sehingga siswa merasa senang untuk mengikuti proses
pembelajaran.
Secara nyata motivasi belajar mempunyai dampak yang signifikan
terhadap siswa khususnya siswa kelas XI IPS terbukti dengan senang dan
antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran PKn hal ini dikarenakan karena
adanya motivasi yang selalu diberikan guru dan proses dan metode pembelajaran
yang digunakan selalu berubah. Dengan demikian maka hasil belajar siswa pun
ikut berubah yakni dengan pencapaian yang lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 05 Jul 2017 03:27
Last Modified: 05 Jul 2017 03:27
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item