IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X TKJ2 SMK NEGERI 1 BADEGAN



KURNIAWATI, LILIS EKA (2017) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X TKJ2 SMK NEGERI 1 BADEGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

lah matematika belum optimal. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa salah satunya adalah Problem Based
Learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Problem Based
Learning yang dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika pada siswa kelas X TKJ2 SMK Negeri 1 Badegan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan
dalam 2 siklus, pada siklus I terdiri dari 4 pertemuan sedangkan siklus II terdiri dari 3
pertemuan. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X TKJ2 SMK
Negeri 1 Badegan. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi.
Tes diberikan sebelum dan setelah tindakan siklus I serta setelah dilakukan tindakan
siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dengan diterapkannya model Problem Based Learning.
Peningatan kemampuan pemecahan masalah matematika terlihat dari persentase skor tes
akhir siklus I ke siklus II. Persentase skor untuk kemampuan memahami masalah
meningkat dari 65,44% menjadi 86,02%. Kemampuan menyusun rencana pemecahan
masalah meningkat dari 47,79% ke 72,05%. Kemampuan melaksanakan rencana
pemecahan masalah meningkat dari 44,11% meningkat menjadi 72,05%. Kemampuan
memeriksa hasil pemecahan masalah meningkat dari 33,08%menjadi 68,38%.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:39
Last Modified: 06 Jul 2017 02:39
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item View Item