UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 1 BADEGAN



JAYANTI, RISKA DWI (2017) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 1 BADEGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN-DEPAN riska.pdf]
Preview
Text
HALAMAN-DEPAN riska.pdf

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[thumbnail of bab IV.pdf] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of bab V.pdf] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa serta
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika belum optimal. Model
pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa salah satunya adalah Problem Based Learning. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning
yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa
kelas VIID SMP Negeri 1 Badegan dan mengetahui bagaimana peningkatan motivasi
belajar dan kemampuan pemecahan masalah kelas VIID SMP Negeri 1 Badegan dengan
diterapkannya model Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan
dalam 2 siklus. Pada siklus I terdiri dari 4 pertemuan, sedangkan siklus II terdiri dari 3
pertemuan. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIID SMP
Negeri 1 Badegan. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket motivasi, dan
lembar observasi. Tes dan pemberian angket diberikan sebelum dan setelah tindakan
siklus I serta setelah dilakukan tindakan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa
dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan diterapkannya model
Problem Based Learning. Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari adanya
peningkatan jumlah siswa yang memiliki motivasi tinggi dari sebelum dilakukan tindakan
dan setelah dilakukan tindakan siklus I serta setelah tindakan siklus II. Persentase
peningkatan jumlah siswa yang termasuk dalam kategori memiliki motivasi belajar tinggi
dari sebelum dan setelah tindakan siklus I adalah 10,72%, dari siklus I ke siklus II sebesar
17,85%. Adapun peningatan kemampuan pemecahan masalah matematika terlihat dari
persentase skor tes akhir siklus I ke siklus II. Persentase skor untuk kemampuan
memahami masalah meningkat dari 65,17% ke 96,42%. Kemampuan menyusun rencana
pemecahan masalah meningkat dari 54,46% ke 83,03%. Kemampuan melaksanakan
rencana pemecahan masalah meningkat dari 51,78% ke 81,25%. Kemampuan memeriksa
hasil pemecahan masalah meningkat dari 16,96% ke 67,85%.
Kata Kunci: motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, model Problem Based
Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:39
Last Modified: 11 Jul 2017 04:39
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3094

Actions (login required)

View Item View Item