UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VII MTS DARUL FIKRI
ARISMASARI, YENY NURMA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VII MTS DARUL FIKRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
Preview |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (189kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (30kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (817kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran problem posing untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa dan (2)
mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa melalui metode pembelajaran
problem posing di kelas VII di MTs. Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIIC MTs. Darul Fikri
Bringin Kauman Ponorogo tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 18 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah hasil dari lembar problem posing siswa untuk
mengukur komunikasi matematis secara tulis dan observasi untuk mengamati komunikasi
matematis secara lisan serta keterlaksanaan kegiatan guru dengan pembelajaran problem
posing.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah penerepan metode pembelajaran
problem posing dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas VIIC di MTs.
Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Langkah-langkah yang digunakan adalah: 1)
Guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada siswa; 2) Guru membimbing siswa
dalam mengerjakan materi yang terlampir pada LKS; 3) Guru membimbing siswa dalam
mengerjakan masalah yang terlampir pada LKS: 4) Guru membimbing siswa yang
mengalami kesulitan dalam pembuatan soal; 5) Guru membimbing siswa yang
mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal; 6) Guru meminta siswa menyajikan soal
beserta jawaban yang telah dibuat; 7) Guru menawarkan kepada siswa yang mempunyai
bentuk soal yang berdeda untuk disajikan di depan kelas. Hal ini dapat dilihat dari ratarata
skor komunikasi siswa pada siklus I ke siklus II. Komunikasi matematis siswa secara
lisan pada siklus I adalah 8,6 dan pada siklus II menjadi 10 dimana terjadi peningkatan
sebesar 1,4 . Sedangkan komunikasi matematis siswa secara tulis pada siklus I adalah
30,4 dan pada siklus II adalah 43,6 dimana peningkatan yang terjadi sebesar 13,2
Kata Kunci: Metode Problem Posing, Komunikasi Matematis, dan Himpunan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 02:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 02:39 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |