TIPE KEPRIBADIAN PEGAWAI PEMASARAN BANK XY DI PONOROGO



KRISTIYANA, NANING (2008) TIPE KEPRIBADIAN PEGAWAI PEMASARAN BANK XY DI PONOROGO. Jurnal Ekuilibrium, 4 (1). pp. 35-47. ISSN 1858-165X

[thumbnail of cover tipe kepribadian pegawai.pdf]
Preview
Text
cover tipe kepribadian pegawai.pdf

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of Tipe Kepribadian.pdf]
Preview
Text
Tipe Kepribadian.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Abstark : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tipe
kepribadian pegawai pemasaran Bank XY di Ponorogo. Populasi yang
dijadikan obyek penelitian pada seluruh pegawai pemasaran Bank XY di
Ponorogo, sejumlah 27 orang pegawai. Tehnik pengambilan sampel
adalah sensus/total sampling, dalam penelitian ini ada dua jenis data, yaitu
data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan
pengumpulan data dengan menggunakan metode “angket atau kuisioner”
dan didukung dengan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh
dengan mengumpulkan data dari sumber lain (selain responden) yang
diperoleh dari kajian-kajian bacaan atau mempelajari dari buku-buku atau
tulisan yang berhubungan dengan pokok bahasan. Metode analisis data
dengan menggunakan metode Analisis Deskriptif Kuantitatif .
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Tipe kepribadian
pegawai pemasaran Bank XY di Ponorogo mayoritas adalah terbuka atau
extrovert. Hal ini dapat ditunjukkan dari keyakinan dalam melaksanakan
tugas pemasaran yang dapat ditempuh dengan berbagai cara, tingkat
kesulitan pekerjaan menjadi tantangan mereka untuk mencapai
keberhasilan karena para pegawai pemasaran Bank XY sebagian besar
memiliki tuntutan keberhasilan yang tinggi. (2) Kepribadian yang sangat
mendukung terhadap tipe kepribadian extrovert dapat ditunjukkan oleh
para pegawai pemasaran ini yaitu mayoritas pegawai pemasaran memiliki
kemampuan adaptasi yang tinggi, mereka mampu berinteraksi dan
menyesuaikan perilakunya dengan para nasabah dan calon nasabah. Posisi
bagian penjualan menuntut interaksi sosial yang tinggi dan keterbukaan
terhadap pengalaman menjadi penting dalam pekerjaan.
Kata Kunci : Tipe Kepribadian, Pegawai Pemasaran

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 19 Jul 2017 04:49
Last Modified: 19 Jul 2017 04:49
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item