PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONG
WADDATUL UMMAH, NOVITA (2017) PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONG. UNSPECIFIED thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (334kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apa ada pengaruh pendekatan
Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa (2) mengetahui mana yang lebih baik diantara
pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (2) mengetahui respon siswa terhadap
proses pembelajaran matematika dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs)
dan pendekatan reciprocal teaching.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balong Ponorogo yang terdiri dari tujuh kelas.
Dari tujuh kelas tersebut diambil secara acak sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIIIC
dan VIIID. Selanjutnya dua kelas tersebut diambil secara acak untuk menentukan jenis
perlakuan yang akan diberikan. Kelas VIIIC diberi perlakuan pendekatan reciprocal
teaching dan kelas VIIID diberi perlakuan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes sedangkan
instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes dengan indikator
komunikasi matematis dan angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika
dengan kedua pendekatan tersebut. Teknik analisa data untuk melihat pengaruh
pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching
ditinjau dari masing-masing variabel terikat dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa pendekatan Model-
Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching berpengaruh terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis siswa
yang diajar dengan menggunakan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih
baik dibandingkan dengan pendekatan reciprocal teaching. Siswa memiliki respon yang
baik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Model-
Eliciting Activities (MEAs) maupun dengan pendekatan reciprocal teaching.
Kata Kunci: Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs), pendekatan reciprocal
teaching, komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 02:52 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 02:41 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |