PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONG



WADDATUL UMMAH, NOVITA (2017) PENGARUH PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONG. UNSPECIFIED thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apa ada pengaruh pendekatan
Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa (2) mengetahui mana yang lebih baik diantara
pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (2) mengetahui respon siswa terhadap
proses pembelajaran matematika dengan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs)
dan pendekatan reciprocal teaching.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balong Ponorogo yang terdiri dari tujuh kelas.
Dari tujuh kelas tersebut diambil secara acak sebagai sampel penelitian yaitu kelas VIIIC
dan VIIID. Selanjutnya dua kelas tersebut diambil secara acak untuk menentukan jenis
perlakuan yang akan diberikan. Kelas VIIIC diberi perlakuan pendekatan reciprocal
teaching dan kelas VIIID diberi perlakuan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes sedangkan
instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes dengan indikator
komunikasi matematis dan angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika
dengan kedua pendekatan tersebut. Teknik analisa data untuk melihat pengaruh
pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching
ditinjau dari masing-masing variabel terikat dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa pendekatan Model-
Eliciting Activities (MEAs) dan pendekatan reciprocal teaching berpengaruh terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis siswa
yang diajar dengan menggunakan pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih
baik dibandingkan dengan pendekatan reciprocal teaching. Siswa memiliki respon yang
baik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Model-
Eliciting Activities (MEAs) maupun dengan pendekatan reciprocal teaching.
Kata Kunci: Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs), pendekatan reciprocal
teaching, komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 02:52
Last Modified: 22 Dec 2023 02:41
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item