ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEC.MLARAK
Afifatun Nuha, Ihda (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEC.MLARAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
Preview |
Text
HALAMAN PENDAHULUAN.pdf Download (480kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (244kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kec. Mlarak dalam menyelesaikan soal garis singgung
lingkaran berdasarkan analisis Newman, 2) mengetahui penyebab kesalahan yang
dilakukan siswa SMP Negeri 1 Kec. Mlarak dalam menyelesaikan soal garis singgung
lingkaran berdasarkan analisis Newman.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah 20 siswa SMP Negeri 1 Kec. Mlarak kelas VIIID. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode tes dan wawancara. Tes yang digunakan sebanyak tiga soal.
Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan digunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kec. Mlarak yang melakukan kesalahan membaca. Kesalahan memahami masalah
dilakukan oleh satu subjek karena kurang memahami apa yang ditanyakan pada soal.
Kesalahan transformasi hampir dilakukan oleh semua subjek karena lupa rumus,
kehabisan waktu, dan melakukan kesalahan memahami masalah. Kesalahan keterampilan
proses juga hampir dilakukan oleh semua subjek karena salah dalam menuliskan langkah
pekerjaannya, melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya, kehabisan waktu, dan salah
dalam perhitungan. Kesalahan penulisan jawaban juga dilakukan hampir semua subjek
karena belum terbiasa menulis kesimpulan dan satuan pengukuran. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, sebaiknya guru memberikan latihan-latihan soal yang bervariasi agar
siswa dapat menyelesaikan soal dengan berbagai tingkat kesulitan. Selain itu, siswa juga
perlu bertanya kepada guru jika belum memahami materi agar dapat menguasai materi
dengan baik dan tidak melakukan kesalahan kembali saat mengerjakan soal.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Garis Singgung Lingkaran, Analisis Newman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 03:06 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 03:06 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |