ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SUBBAB PERBANDINGAN BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA



FAIZAH, LIA ALFI (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SUBBAB PERBANDINGAN BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita subbab perbandingan dengan penerapan langkah pemecahan
masalah Polya, (2) mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita subbab perbandingan berdasarkan langkah pemecahan masalah
Polya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi siswa
kelas VIII I SMP Negeri 2 Ponorogo. Kelas tersebut dipilih dari rekomendasi guru
pembimbing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes,
wawancara, audio recorder dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan
adalah soal tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara untuk mengetahui faktor
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita subbab perbandingan. Uji keabsahan
data dengan ketekunan pengamat dan teknik triangulasi.
Diperoleh hasil bahwa, jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa terdapat pada
empat kesalahan yaitu kesalahan memahami masalah, kesalahan perencanaan
penyelesaian masalah, kesalahan pelaksanaan perencanaan penyelesaian serta kesalahan
dalam mengecek kembali hasil penyelesaian. Faktor penyebab kesalahan adalah
kebiasaan sehari-hari siswa yang memang tidak menuliskan apa yang diketahui dan
ditanyakan dari soal, siswa menganggap haltersebut tidak penting kecuali guru menyuruh
untuk menulis informasi awal pada soal. Kurangnya kemampuan dalam interpretasi
bahasa sehingga sulit membawa soal cerita kedalam model matematika. Kebiasaan tertuju
pada rumus dan jawaban agar pekerjaan segera selesai. Rendahnya kesadaran siswa
dalam memberikan keterangan pada variabel/ model matematika yang dibuat. Tidak
meneliti ulang pekerjaannya sehingga salah dalam menuliskan tandaoperasi maupun
perhitungan pada jawaban akhir. Tingkat kesadaran akan cepat puasnya siswa jika sudah
menemukan hasil akhir dan menganggap hasil tersebut tepat. Kebiasaan mengerjakan soal
rutin dengan tingkat kesulitan rendah sampai sedang sehingga terkejut dan bingung ketika
menghadapi soal non rutin seperti soal tes pemecahan masalah.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Subbab Perbandingan, Langkah Pemecahan
Masalah Polya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 04:10
Last Modified: 26 Sep 2017 04:10
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item