MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA POKOK BAHASAN SURAT AT-TIN BAGI SISWA-SISWI KELAS III MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017



MUJIONO, MUJIONO (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA POKOK BAHASAN SURAT AT-TIN BAGI SISWA-SISWI KELAS III MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Berawal dari kondisi pembelajaran al-Qur’an Hadist kelas III MI Ma’arif
Panjeng menunjukan guru masih menggunakan metode yang bersifat konvensional
diantaranya metode ceramah dan sesekali diselingi tanya jawab. Guru lebih banyak
mendominasi didalam kegiatan pembelajaran, sedangkan siswa hanya duduk dan
memperhatikan penjelasn guru terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru
tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa untuk aktif
dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menyebabkan minat dan motivasi belajar
siswa rendah sehingga berdampak pada hasil belajar al-Qur’an Hadist yang rendah.
Kondisi seperti ini perlu diperbaiki dengan metode pembelajaran yang tepat agar
dapat meningkatan hasil belajar al-Qur’an Hadist salah satunya dengan metode Card
Sort.
Didalam mendeskripsikan penerapan metode“Hasil Belajar dan Metode Card
Sort pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas III pada pokok bahasan surat AtTin ini, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah Metode
Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadist pokok bahasan Surat At-Tiin bagi siswa-siswi kelas III MI Ma’arif Panjeng
Jenangan Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2016-2017? (2) Apakah Metode
Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadist pokok bahasan Surat At-Tin bagi siswa-siswi kelas III MI Ma’arif Panjeng
Jenangan Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2016-2017?
Didalam menjawab pertanyaan di atas penelitian dirancang dengan
menggunakan prosedur atau alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4
(empat) tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa: (1) Metode Card Sort dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo (2)
Metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Ma’arif Panjeng
Jenangan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:51
Last Modified: 27 Sep 2017 01:51
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item