UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL FIKRI TAHUN AJARAN 2016-2017
PUSPIANI, ANIK (2017) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL FIKRI TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (267kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN 1.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Puspiani, Anik.2017.”Upaya Kepala sekolah dalam meningkatkan
profesionalisme guru fiqih di madrasah ibtidaiyah Darul fikri tahun ajaran 2016-
2017”,Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam,Universitas Muhammadiyah
Ponorogo. Dosen pembimbing : (I) Dr. HeppySusanto, M.Ag, dosen
pembimbing(II)Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I.
Skripsi ini berjudul upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri tahun ajaran
2016/2017. Latar belakang penulis mengambil judul ini dikarenakan di Madrasah
Ibtidaiyah Darul Fikri semua guru fiqih mempunyai latar belakang yang berbeda-
beda. Sebagian ada yang sudah sertifikasi, lulusan Sarjana Pendidikan Agama
Islam, lulusan Madrasah Aliyah, sebagian ada yang masih menempuh Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jadi besar kemungkinan bahwa guru kesulitan dalam
mengelola kelas agar tercipta kelas yang kondusif.
Penelitian ini ingin mengkaji masalah pertama, yaitu upaya kepala sekolah
dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul
Fikri. Masalah kedua yaitu kendala kepala sekolah dalam meningkatkan
profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016-
2017. Masalah yang ketiga yaitu evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dalam
meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul fikri
Tahun ajaran 2016-2017.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis upaya kepala sekolah dalam
meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri
Tahun ajaran 2016-2017. Untuk menganalisis kendala yang dihadapi kepala
sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah
Darul Fikri Tahun ajaran 2016-2017. Untuk mengetahui evaluasi apa saja yang
dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru fiqih di
Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016-2017.
Pendekatan yang digunakan penulis yaitu kualitatif dengan desain
deskriptif, teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode
wawancara, metode dokumentasi.
Hasil penelitian penulis,upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
profesionalisme guru fiqih adalah dengan mengikutkan guru fiqih dalam
pelatihan-pelatihan, seminar, workshop dan lain sebagainya. Kendala yang
dihadapi kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri dalam meningkatkan
profesionalisme guru fiqih adalah kurangnya pengetahuan guru fiqih dalam
mengelola kelas, kurangnya kerjasama antar guru fiqih, kurang adanya rasa
tanggung jawab. Sedangkan evaluasi yang dilakukan kepala sekolah Madrasah
Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun ajaran 2016-2017 adalah diadakannya rapat evaluasi
setiap bulan.
Dengan demikian upaya yang dilakukan kepala sekolah sudah baik, namun
perlu ditingkatkan lagi dalam hal pendidikan agar terwujud guru fiqih yang
professional.
Kata kunci :kepala sekolah, guru fiqih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 03:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 03:26 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |