PERAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MAN 1 PONOROGO)



Afi’ah, Aliffatul (2017) PERAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MAN 1 PONOROGO). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of a. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of b. BAB I.pdf]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of c. BAB II.pdf] Text
c. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[thumbnail of d. BAB III.pdf] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of e. BAB IV.pdf] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[thumbnail of f. BAB V.pdf] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[thumbnail of g. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of h. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
h. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Aliffatul Afi’ah, 2017. Peran Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Akhlak
Siswa Di Man 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Katni,
M.Pd.I, (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Adiwiyata, Akhlak dan Pembentukan Akhlak.
Allah menciptakan alam semesta termasuk bumi dan seisinya jauh
sebelum menciptakan manusia. Allah telah menciptakan makhluk berupa
tumbuhan yang beraneka ragam dan berbagai jenis hewan hingga binatangbinatang raksasa. Manusia harus mencintai lingkungan, artinya memperlakukan
bermacam ragam benda, baik biotik maupun abiotik agar lingkungan hidup itu
dapat berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan kodratnya masing-masing,
sehingga terwujud kesejahteraan dan kebahagian hidup manusia lahir dan batin.
Pelestarian lingkungan dapat dilakukan melalui program adiwiyata yang di
terapkan di sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah yang melibatkan seluruh
warga madrasah dan khususnya siswa terhadap pembentukan dan membangun
karakter siswa. Peneliti melakukan penelitian di MAN 1 Ponorogo, karena MAN
1 Ponorogo merupakan salah satu madrasah yang menerapkan program adiwiyata
dan mampu menjalankanyna dengan baik sehingga dapat berpengaruh terhadap
pembentukan akhlak atau karakter siswa. MAN 1 Ponorogo juga merupakan
salah satu madrasah adiwiyata yang memiliki banyak prestasi terkait
pengembangan program adiwiyata mulai dari tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi
dan Tingkat Nasional.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan
program Adiwiyata di MAN 1 Ponorogo, (2) Untuk mengetahui peran program
Adiwiyata dalam pembentukan akhlak siswa di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualtiatif, metode yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti adalah teknik analisis data secara
deskriptif.
Hasil penelitian ini: (1) Pelaksanaan program adiwiyata di MAN 1
Ponorogo menghasilkan kreativitas dan inovasi bagi warga madrasah khususnya
siswa meliputi kegiatan pembuatan bank sampah dan pengolahan sampah atau
barang bekas, penghematan energi, memanfaatkan keanekaragaman hayati,
penghematan air dan pengolahan air limbah, serta memanfaatkan produk-produk
organik menjadi makanan sehat, (2) Peran program adiwiyata sangat berpengaruh
dalam proses pembentukan dan perubahan akhlak siswa, dimana biasanya siswa
memiliki akhlak yang kurang baik terhadap lingkungan kini siswa menjadi lebih
peduli, bertanggungjawab, mandiri, mau menjaga dan merawat lingkungan serta
memiliki kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan hidup terlebih dalam
penyelamatan bumi.
x

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:36
Last Modified: 27 Sep 2017 03:36
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item