EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM DUKUH GADING DESA SRATEN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO
KAMDANI, UMAR (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM DUKUH GADING DESA SRATEN KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
1. SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2. BAB I.pdf Download (452kB) | Preview |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
Preview |
Text
7. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
elajar bahasa, sebagaimana anak yang baru lahir mau tidak mau harus
melalui proses belajar bahasa setahap demi setahap. Selain itu pembelajaran
bahasa asing khususnya Bahasa Arab harus menggunakan model pembelajaran
yang mengacu pada prinsip-prinsip kegiatan pembelajaran dan motivasi belajar
serta cara-cara belajar yang produktif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah memiliki tujuan mendidik para
peserta didik untuk memahami sistem bunyi dan makna kata, mampu
mengucapkan, membaca dengan nyaring, dan menulis kata-kata, frase serta
memahami makna interpersonal, ideasional, dan tekstual yang sederhana yang
terdapat di dalam teks interaksional dan naratif yang disertai gambar. Mengingat
bahasa Arab dalam fase perkembangannya telah dijadikan sebagai bahasa resmi
dunia Internasional. Maka tidak berlebihan bila pembelajaran bahasa Arab perlu
mendapatkan penekanan dan perhatian yang khusus mulai dari tingkat Sekolah
Dasar sampai pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Efektifitas pembelajaran Bahasa
ARAB di madrasah diniyah Miftahul Ulum terbilang efektif, hal itu disebabkan:
(1) Peran guru yang disiplin. (2) Siswa mempunyai semangat yang tinggi. (3)
motivasi orang tua. (4) Menggunakan metode variatif yang tidak membosankan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektivitas
pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum
Dukuh Gading Desa Sraten. (2) Untuk mengetahui seberapa besar daya serap
siswa, dan prestasi belajar Bahasa Arab siswa di Madrasah Diniyah Miftahul
Ulum Dukuh Gading Desa Sraten.
.Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian
lapangan (fild reseach). Yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner
dan observasi yang diberikan kuantitatif item pertanyaan dari indikator konsep
yang ditujukan dan diberikan kepada responden yang diambil sampel dari
penelitian ini ( siswa Madrasah Diniyah Miftahul Ulum).
Hasil pembahasan dapat disampaikan bahwa: (1) Efektifitas pembelajaran
mata pelajaran bahasa Arab sangat baik dan mampu mencapai target kurikulum.
Kemudian kehadiran guru dalam pembelajaran di madrasah sangat baik dan siswa
dalam menerima mata pelajaran bahasa cukup baik. (2) Daya serap siswa terhadap
materi pelajaran bahasa Arab cukup baik, mengingat guru mampu menyampaikan
materi pelajaran bahasa Arab dengan baik sehingga mudah diterima, oleh karena
itu proses pembelajaran di madrasah dapat berjalan tanpa ada halangan suatu
apapun. Kemudian prestasi belajar siswa terlihat baik, hal ini nampak dari
capaian nilai siswa untuk mata pelajaran bahasa Arab baik dengan capaian nilai
rata-rata sebesar 79,72.
Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 04:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 04:52 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |