PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BADEGAN
NURCAHYO, DENY (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BADEGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (272kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis
masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri
2 Badegan Ponorogo. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika
dapat diketahui dari proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis
masalah serta dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam
tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 2 Badegan
yang terdiri dari 24 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh proses
pembelajaran dan hasil tes matematika. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari
perangkat pembelajaran dan soal tes.
Hasil penelitian menunjukkan nilai (2-tailed) sebesar 0,013 dengan taraf
signifikansi α = 0,05 sehingga nilai signifikansi dibawah nilai α (Sig (2-tailed) <
0,05). Perhitungan tersebut menunjukan ada perbedaan hasil tes kemampuan
pemecahan masalah antara Kelas VIII C (kontrol) dan Kelas VIII E (Eksperimen).
Hal ini menujukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berpengaruh
positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII E SMP Negeri
2 Badegan tahun pelajaran 2016/2017
Kata kunci : JIGSAW, Pendekatan PBM, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 04:07 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 04:07 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |