STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PONOROGO



WAHYUDI, ARIF (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PONOROGO. D4 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (23MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAK

Wahyudi, Arif. 2017. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru PAI Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ponorogo, Tahun 2017/2018. Skripsi, Program S-1 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Pembimbing I : Katni, M.Pd.I
Pembimbing II : Ayok Ariyanto, M.Pd.I

Kata kunci : Strategi, Kompetensi, guru

Upaya dalam mencerdaskan peserta didik tidak lepas dari peranan guru dalam mendidik peserta didik. Maka sudah semestinya jika guru mempunyai kemampuan atau kompetensi dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban secara bertanggung jawab dan layak. Kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru dalam menagajar. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru. Artinya guru bukan saja harus pintar, tetapi juga harus pandai mentransfer ilmunya kepada peserta didik.
Pengembangan kompetensi guru harus ditingkatkan agar tidak terjadi ketertinggalan dalam pesatnya perkembangan dalam dunia pendidikan,. Begitu pula dengan guru ketika berada di kelas, harus mengikuti setiap perkembangan informasi dan sains agar dapat menghubungkan hal-hal yang sesuai dengan materi pelajaran.
Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Ponorogo dengan berbagai alasan, yang melatar belakangi antaranya: letak sekolah yang strategis, salah satu sekolah favorit swasta di Ponorogo,dan banyaknya prestasi yang diraih.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dalam mengembangkan kompetensi guru pendidikan agam Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kompetensi guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Ponorogo.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan sumbeer datanya diperoleh dari informan,dan kertas/ dokumen
Adapun hasil yang dapat disimpulkan adalah : 1) Strategi pengembangan kompetensi guru PAI antara lain: a.Pembinaan kinerja guru melalui workshop. b.pengawasan atau supervisi terhadap kinerja guru. c. pemberian motivasi. d. pemberian penghargaan. e. pembinaan disiplin. f. Study lanjut. g. study banding. 2) Faktor-faktor penunjang dan penghambat perkembangan perfeksionalisme guru dapat dibedakan menjadi dua: 1) faktor penunjang terdiri dari: a. Sarana dan prasarana yang memadai, b. latar belakang pendidikan, c. etos kinerja guru. 2) faktor penghambat terdiri dari: a. pengawasan yang tidak efektif, b. UMR yang rendah, c. tuntutan administrasi.

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 29 Sep 2017 03:56
Last Modified: 29 Sep 2017 03:56
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3524

Actions (login required)

View Item View Item