EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI PADA ANAK DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN ANAK SHOLEH ( PAS ) BAITUL QUR’AN GONTOR



Nurdina Murti, Candra Septa (2017) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI PADA ANAK DIDIK KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN ANAK SHOLEH ( PAS ) BAITUL QUR’AN GONTOR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of depan.pdf]
Preview
Text
depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[thumbnail of BAB IV (Repaired).pdf] Text
BAB IV (Repaired).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[thumbnail of BAB V dan daftar pustaka.pdf] Text
BAB V dan daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan latar belakang masalah yang
mana ada kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. Karena di dalam ayat AlQur’an terdapat ayat-ayatnya yang panjang sehingga mengakibatkan kurang
lancar, bahkan kurang fasih dalam membaca Al-Qur’an. Kesulitan tersebut
diakibatkan karena pada tingkat dasar belum sepenuhnya memahami ilmu tajwid,
jadi anak seringkali hanya sekedar bisa mengaji saja. kurang adanya minat belajar
santri, sehingga prestasi belajar anakpun tidak bisa meningkat.
Peneliti mengambil lokasi penelitian di MI PAS Baitul Qur’an dengan alasan,
karena mulai berdiri sekolah tersebut sejak 6 tahun yang lalu balai penelitian dan
pengembangan kurikulum madrasah dan pengurus madrasah merekomendasikan
untuk menggunakan metode UMMI, dan ada beberapa ustadz dan ustadzah yang
sudah bersertifikasi UMMI dari UMMI Foundation Surabaya.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka dalam kesempatan ini disampaikan
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana pembelajaran AlQur’an di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor
kelas 3? Seberapa efektifkah pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI pada
peserta didik kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an
Gontor? Dan seberapa efektifkah pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI
terhadap minat belajar santri dan prestasi belajar santri kelas 3 Madrasah
Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh ( PAS ) Baitul Qur’an Gontor ? selanjutnya
yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektifkah
pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI di madrasah tersebut pada anak
didik kelas 3
Instrument yang digunakan selama pengumpulan data adalah lembar
obsevasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskripsif kuantitatif, yaitu dengan mengumpulkan data, menganalisis, mengolah,
dan mereduksinya menjadi sebuah kesimpulan.
Hasil penelitian dari uraian-uraian dan analisis yang telah dikemukakan
tentang efektifitas pembelajaran Al-Qur’an dengan metode UMMI pada anak
didik kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh terbukti cukup efektif
dengan menjadikan minat belajar dan prestasi belajar siswa sebagai tolok ukur
suatu keefektifan suatu pembelajaran, dengan ditandai hasil akhir dari sebuah
penghitungan korelasi produk moment yang menunjuk angka 0,50.
Kata Kunci : efektifitas, Pembelajaran, Al-Qur’an, UMMI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:48
Last Modified: 02 Oct 2017 04:48
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item