PERAN PENDIDIK BERBASIS ISLAMIC VALUE TERHADAP KARAKTER ANAK DIDIK DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO



Zahidah, Athi’ (2017) PERAN PENDIDIK BERBASIS ISLAMIC VALUE TERHADAP KARAKTER ANAK DIDIK DI SDIT QURROTA A’YUN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Sekolah merupakan pusat perubahan, baik perubahan cara berfikir maupun
perubahan tingkah laku. Salah satu faktor utama melestarikan cara hidup islami
ialah memasukkan nilai- nilai Islam dalam sistem pendidikan. Salah satu caranya
yaitu lewat penanaman karakter yang dilakukan oleh pendidik. Dan pendidik yang
berbasis Islamic value mempunyai peranan yang besar terhadap karakter anak
didik. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mengetahui bagaimana peran
pendidik berbasis Islamic value terhadap karakter anak didik di SDIT Qurrota
A’yun Ponorogo (2) Mengetahui bagaimana pengembangan kualitas pendidik
berbasis Islamic value di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo (3) Mengetahui apa saja
faktor pendukung dan penghambat pendidik berbasis Islamic value di SDIT
Qurrota A’yun Ponorogo terhadap keberhasilan pendidikan/penanaman karakter
anak didik?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan
data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data
yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran
pendidik berbasis Islamic value terhadap karakter anak didik di SDIT Qurrota
A’yun beragam. Peran yang dilakukan di antaranya yakni sebagai pembimbing,
pendidik, pendengar yang baik, demonstrator (teladan) dan sebagai motivator,
peran pendidik tersebut dilaksanakan lewat progam sekolah yakni, (a) Pembiasaan
yang dimuat dalam SOP sekolah (b) Pemberdayaan yang terdiri dari kegiatan
kokulikuler dan ekstrakulikuler (c) Integrasi kurikulum. (2) Progam yang
diadakan untuk pengembangan kualitas pendidik berbasis Islamic values di SDIT
Qurrota A’yun mencakup spiritual, kompetensi, sosial, dan olah fisik. Diantaranya
yaitu kegiatan tausiyah morning, kegiatan tahsin dan tahfidz, kajian mingguan,
KKG, dan In House Traning. (3) Faktor pendukungnya yakni adanya progamprogam sekolah seperti kegiatan kokulikuler dan ekstrakulikuler, SDM pendidik
yang memadai, adanya buku penghubung sebagai alat pengontrol sikap anak didik
di rumah maupun di sekolah, adanya reward, jalinan komunikasi antar orangtua
dengan pendidik melalui grup media sosial. Faktor penghambatnya yaitu, latar
belakang keluarga anak didik yang berbeda-beda seperti kesibukan orang tua,
lingkungan tempat tinggal anak didik.
Kata kunci : Peran Pendidik, Islamic value, Karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 02 Oct 2017 08:06
Last Modified: 02 Oct 2017 08:06
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3551

Actions (login required)

View Item View Item