Problematika Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo Tahun 2017/2018
KADARWATI, ITA YULI (2017) Problematika Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo Tahun 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hafalan Al-Qur’an merupakan suatu aktivitas menanamkan suatu materi ayat di dalam
ingatan. Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo yang menggunakan sistem semi
pesantren dan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pondok lain diantaranya: sistem
pembinaan menggunakan sistem pengasuhan keluarga, satu tahun Tahsin yang bertujuan untuk
pengenalan dan persiapan menghafal juz selanjutnya.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui proses menghafal Al-Qur’an di
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo tahun 2017/2018. (2) Untuk mengetahui
metode yang digunakan dalam proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an
‘Aisyiyah Ponorogo tahun 2017/2018. (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai dengan adanya proses
dan metode yang digunakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo (4) untuk
mengetahui problematika dan cara mengatasi problematika yang terjadi di Pondok Pesantren Tahfidzul
Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo
Obyek Penelitian ini adalah: Ustadzah, Direktur dan santri yang ada di Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur’an ‘Aisyiyah Ponorogo. Teknik Pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, dan
Dokumentasi. Data yang terkumpul terkait problematika menghafal Al-Qur’an, dianalisis sesuai
kualitatif.
Hasil Penelitian disimpulkan (1) di PPTQ ‘Aisyiyah Ponorogo proses menghafal adalah di
tahun pertama santri hanya pengenalan dan penyelarasan bacaan (tahsin) tahun kedua dan ke 3 yaitu
Tahfizh (2) metode yang diterapkan di PPTQ ‘Aisyiyah Ponorogo adalah dengan Metode Qudwah
artinya teladan, Metode Talqin yaitu metode dengan cara menuntun santri untuk menirukan bacaan
Al-Qur’an Ustadzah, Metode Face to Face (Mulazamah), Talaqi dan Tikrar, memahami ayat dengan
memahami arti. (3) target hafalan santri adalah 3 tahun hafal 6 juz (4) problematika yang dihadapi
adalah pengaturan waktu, kesehatan, ayat sulit dan hafalan kurang lancar (4) solusi membuat jadwal
harian, perhatian khusus terhadap ayat sulit dah hafalan sering diulang-ulang (muraja’ah)
Dengan berpijak data di atas peneliti menyarankan hendaknya meluruskan niat hafalan Al-Qur’an
mereka. Jangan sampai mereka hanya beranggapan bahwa menghafal Al-Qur’an yang sedang dijalani
hanya untuk menggugurkan sebagian kewajibannya yaitu belajar. Tetapi meluruskan niat masingmasing santri, yang hanya diniatkan Karena Allah SWT.
Kata Kunci: Problematika, Hafalan Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 08:12 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 08:12 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |