PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
ISNAWATI, YUYUN (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (369kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika
dengan scaffolding terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan populasi mencakup
seluruh siswa kelas VIII MTsN Sampung Ponorogo yang terdiri dari enam kelas. Dengan
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIIIA terpilih
sebagai kelas eksperimen . Kelas VIIIA diberi perlakuan scaffolding dalam pembelajaran
matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes
kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat
pengaruh Scaffolding terhadap representasi matematis siswa ditinjau dari masing-masing
variabel terikat adalah uji t.
Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa pembelajaran
matematika dengan scaffolding berpengaruh positif terhadap kemampuan representasi
matematis siswa. Hasil tes menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa
sesudah diberi perlakuan scaffolding lebih baik dari pada sebelum diberi perlakuan.
Kata Kunci: Scaffolding, kemampuan representasi matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 03:16 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 03:16 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |