IMPLEMENTASI NILAI - NILAI RELIGIUS SANTRI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI PONDOK PESANTREN AR-RISALAH (PUTRA) SLAHUNG PONOROGO



JEFRI, JEFRI (2017) IMPLEMENTASI NILAI - NILAI RELIGIUS SANTRI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI PONDOK PESANTREN AR-RISALAH (PUTRA) SLAHUNG PONOROGO. D4 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of A. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
A. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of B. BAB I.pdf]
Preview
Text
B. BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of C. BAB II.pdf] Text
C. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of D. BAB III.pdf] Text
D. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of E. BAB IV.pdf]
Preview
Text
E. BAB IV.pdf

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of F. BAB V.pdf] Text
F. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of H. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
H. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Implementasi Nilai-Nilai Religius, Nilai Religius dan Kegiatan
Ekstrakurikuler
Karakter religius merupakan sikap atau kepribadian pada diri
seseorang baik terkait hubungannya dengan Tuhannya (Hablumina allah)
ataupun hubungannya dengan sesama manusia (Habluminn annas). Sehingga
tentunya hal ini memiliki peran penting dalam kehidupan social mereka.
Terkait dengan kurikulum pendidikan berbasis karakter, maka adanya
ekstrakurikuler sebagai sarana pendidikan non kurikulum yang diadakan di
sekolah maka tentunya ekstrakurikuler juga mampu memberikan peran
penting bagi pembentukan karakter bagi siswa yang mengikuti kegiatan
tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan
tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana kegiatan ekstrakurikuler
yang ada di Pondok Pesantren Ar-Risalah (putra) Slahung Ponorogo, (2)
Untuk mengetahui karakter religius apa saja yang mampu dikembangkan
melalui keseluruhan ekstrakurikuler yang ada di Pondok Pesantren Ar-
Risalah Slahung Ponorogo, (3) Untuk mengetahui apa yang menjadi
hambatan dan solusi dalam pengembangkan karakter religius santri
melalui ekstrakurikuler yang ada di Pondok Pesantren Ar-Risalah Slahung
Ponorogo.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) ada 4 kegiatan
ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di Pondok Pesantren Ar-Risalah
Slahung Ponorogo yakni ekstrakurikuler muhadhloroh, PERSITA,
PRAMUKA dan Drumband. (2) Secara global berikut karakter religius yang
mampu dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler muhadhloroh,
PERSITA, PRAMUKA dan Drumband yaitu Silaturahim, Al-Wafa, Al-
Adalah dan Al-Munfikun. (3) Hambatan yang dihadapi dalam pengembangan
karakter religius melalui ekstrakurikuler yakni: Kurangnya komunikasi antara
pembimbing dengan OPPM (Organisasi Pengurus Pondok Modern), dan
antara OPPM dengan ketua masing-masing Ekstrakurikuler, Kurangnya
pemahaman santri terhadap berbagai manfaat yang dapat mereka peroleh dari
kegiatan ekstrakurikuler yang mereka ikuti, Tidak adanya indikator khusus
untuk nilai karakter yang akan dikembangkan dan Kurangnya tenaga ahli
dibidang masing-masing ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:35
Last Modified: 19 Oct 2017 04:35
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item