PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI PONOROGO
Resmayanti, Ima (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN DARUL FIKRI PONOROGO. D4 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (706kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pondok Pesantren Darul Fikri adalah pondok pesantren yang ada di kabupaten
Ponorogo. Berdiri sejak tahun 1991 M, Menggunakan metode salafiyah al-haditsah, dengan
maksud bahwa Pondok Pesantren Darul Fikri melestarikan metode lama yang baik dan
mengembangkan metode baru yang lebih baik, mulai dari sistem pembelajarannya maupun
kurikulumnya. pesantren sebagai institusi pendidikan untuk melakukan akselerasi dan
transformasi yang cukup signifikan. Jika dahulu ruang lingkup output terbatas pada dimensi
keagamaan saja, maka saat ini lulusan pesantren diharapkan dapat banyak berkontribusi
dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat untuk mewujudkan itu semua maka sistem
kelembagaan pesantren harus di kelola secara modern baik dari segi administrasi, sistem
pengajaran, metode, maupun kurikulumnya.
pesantren, dengan teologi yang dianutnya hingga kini, ditantang dengan globalisasi
secara aktif dan bijak. Pesantren harus mampu menjadi solusi yang benar-benar mencerahkan
sehingga pada satu sisi dapat menumbuh kembangkan kaum santri yang memiliki wawasan
luas yang tidak gampang menghadapi modernitas dan sekaligus tidak kehilangan jati dirinya,
dan pada sisi lain dapat menghantarkan masyarakat menjadi komunitas yang menyadari
tentang persoalan yang di hadapi dan mampu mengatasi dengan penuh kemandirian dan
peradaban. Oleh karena itu, inovasi dan pembaharuan dalam penataan kurikulum perlu
direalisasikan, yaitu dengan merancang kurikulum yang mengacu pada tuntutan masyarakat
sekarang dengan tidak meninggalkan karakteristik pesantren yang ada.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang
mana bertujuan mendapatkan gambaran mendalam tentang model pengembangan sistem
pendidikan Islam modern. Dalam penelitian ini peneliti memahami makna yang mendasari
tingkah laku partisipan, mendeskripsikan tipe-tipe informasi, dan mendeskripsikan fenomena
terkait dengan pengembanga metode dan materi pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren
Darul Fikri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pondok Pesantren Darul Fikri adalah
pesantren yang tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik dengan metode lama
sebagai inti pendidikannya, dan menerapkan metode baru dengan metode klasikal/madrasah.
Kedua, Pondok Pesantren Darul Fikri dalam melakukan pengembangan materi pembelajaran
modern dengan merancang kurikulum yang mengacu pada tuntutan masyarakat sekarang
yaitu mengajarkan materi umum yang mengacu pada kurikulum pemerintah dengan tidak
meninggalkan karakteristik pesantren yang ada.
Kata Kunci: Pengembangan Metode, pengembangan Materi Pembelajaran, dan Pendidikan
Pesantren.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 05:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 05:04 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |