PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP



RAHMAN ABADY, FENDA (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of cover skripsi.pdf]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of halaman pengesahan..jpg]
Preview
Image
halaman pengesahan..jpg

Download (940kB) | Preview
[thumbnail of halaman persetujuan.jpg]
Preview
Image
halaman persetujuan.jpg

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Abady, Fenda Rahman. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul
Pembelajaran Siswa pada Materi Segitiga dan Segi Empat untuk Siswa
Kelas Vii Smp. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas
Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Drs. H. Sumaji, M.Pd
Kata Kunci : Bahan Ajar, Modul Pembelajaran Siswa, Segitiga dan Segi Empat
Bahan ajar yang ada di SMP N 1 Ngebel masih sangat terbatas. Hal ini
dapat dilihat dari buku paket siswa yang merupakan pinjaman dari perpustakaan
dari diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006
sampai sekarang belum ada perubahan, dan buku pegangan siswa atau modul
pembelajaran siswa kurang menarik yang menyebabkan siswa menjadi kurang
tertarik pada pelajaran, kemudian timbulnya kejenuhan, rasa bosan, bersikap pasif
terhadap pelajaran dan kemungkinan terburuknya adalah siswa sudah tidak mau
belajar matematika atau benci dengan mata pelajaran matematika. Salah satu
materi yang diajarkan untuk siswa kelas VII semester 2 adalah segitiga dan segi
empat. Dari permasalahan tersebut diperlukan bahan ajar yang dirasa mampu
memacu keaktifan siswa. Melalui modul diharapkan para siswa menjadi lebih
mudah dalam menyimpulkan dan memahami suatu materi yang diberikan dan bisa
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk dikembangkan modul
pembelajaran yang didalamnya memuat suplemen siswa ditujukan untuk
mempermudah memahami pembelajaran sesuai kurikulum 2013 pada materi
segitiga dan segi empat. Diharapkan dengan pengembangan modul pembelajaran
siswa, akan terjadi proses dimana siswa dapat dengan mudah mengaplikasikan
materi segitiga dan segi empat dalam kehidupan sehari-hari, dan siswa diberikan
kesempatan untuk mengkonstruksikan dan memproduksi sendiri konsep,
algoritma, aturan dan yang lainnya maka pembelajaran tersebut akan lebih
bermakna untuk siswa bukan hanya sekedar pengalihan ilmu dari guru ke siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Bahan ajar matematika berupa
modul pembelajaran siswa materi segitiga dan segi empat untuk siswa SMP kelas
VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dengan
prosentase 94,89%, (2) Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran
menggunakan bahan ajar berupa modul pembelajaran siswa tergolong dalam
kriteria baik berdasarkan data hasil analisis angket respon siswa dengan
persentase mencapai lebih daari 80% yaitu 93,14% .
Saran yang dapat diajukan yang mau mengadakan penelitian adalah modul
pembelajaran siswa perlu dikembangkan dalam ujicoba yang lebih besar, agar
dihasilkan hasil penelitian yang lebih baik, materi modul tidak hanya terbatas
pada segitiga dan segi empat, guru hendaknya selalu berkreasi untuk membuat
modul pembelajaran siswa dan menggunakanya dalam proses pembelajaran, dan
bagi pembaca yang tertarik dengan penelitian ini dapat mengembangkan modul
pembelajaran siswa yang lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 22 Apr 2014 01:47
Last Modified: 22 Apr 2014 01:47
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item