PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII C MTs MA’ARIF MUNGGUNG



HARIANTO, YULI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII C MTs MA’ARIF MUNGGUNG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan Komunikasi matematis siswa MTs Ma’arif Munggung kelas VIII C pada tahun ajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah Siswa MTs Ma’arif Munggung kelas VIII yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes tulis kemampuan komunikasi matematik pada siklus I dan II dan lembar observasi kegiatan siswa.
Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) pada siklus 1 komunikasi matematis siswa mencapai 58,10% sedangkan pada siklus 2 mencapai 75,24%, mengalami peningkatan 20,48%. model pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) mampu meningkatkan komunikasi matematis siswa, upaya yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran bersifat kelompok diskusi. Dengan diskusi maka setiap siswa akan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu upaya yang dilakukan peneliti adalah memberikan LKS, dan juga melakukan presentasi hasil diskusi kelompok, untuk kelompok lain memberikan pertanyaan dan juga tanggapan. Dari upaya tersebut menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematis.
Kata kunci : Komunikasi matematis, Model pembelajaran kooperatif tipe Thik-Talk-Write (TTW)

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 06:53
Last Modified: 19 Apr 2018 06:53
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item