MODEL PENANAMAN AKHLAK BERBASIS BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI SDIT AS-SYAFI’IYAH KENDAL BLEMBEM JAMBON PONOROGO)
ANIS, MUBAROK HABIBULLOH (2018) MODEL PENANAMAN AKHLAK BERBASIS BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI SDIT AS-SYAFI’IYAH KENDAL BLEMBEM JAMBON PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
a. Halaman Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
b. BAB I.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
c. BAB II.pdf Download (630kB) |
|
|
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
|
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
|
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
|
Text
g. Daftar Pustaka.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
h. Lampiran.pdf Download (428kB) |
Abstract
Mubarok Habibulloh, Anis. 2018. Model Penanaman Akhlak Berbasis Budaya Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SDIT As-Syafi’iyah Kendal Mlembem Jambon Ponorogo. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (II) Nurul Abidin, M.Ed
Kata Kunci : Akhlak, Budaya, Membaca Al-Qur’an
SDIT As-syafi’iyah Kendal Jambon Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengimplementasikan pentingnya penanaman akhlak dalam proses pendidikan. Sekolah Dasar Islam Terpadu ini sudah menerapkan budaya membaca Al-Qur’an sejak awal berdiri. Untuk mengatasi permasalahan akhlak pada siswa, SDIT As-syafi’iyah Kendal Blembem Jambon Ponorogo ini melakukan penanaman akhlak melalui budaya membaca Al-Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : Untuk mengetahui penerapan budaya membaca Al-Qur’an siswa di SDIT As-syafi’iyah Kendal Blembem Jambon Ponorogo, model penanaman akhlak berbasis budaya membaca Al-Qur’an siswa, faktor penghambat dan pendukung model penanaman akhlak berbasis budaya membaca al-qur’an
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang semuanya digunakan untuk Model Penanaman Akhlak Berbasis Budaya Membaca Al-Qur’an
Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut : (1) Penerapan budaya membaca Al-Qur’an di SDIT As-syafi’iyah dilaksanakan setiap hari jam 06.30 sampai jam 07.00 sebelum dilaksanakan bina nafsiyah dan jam pelajaran dimulai. Sedangkan pelaksanaan metode atau cara penerapan budaya membaca Al-Qur’an di SDIT As-syafi’iyah dengan sistem sorogan yaitu siswa membaca Al-Qur’an dengan cara satu persatu langsung menghadap guru. Budaya membaca Al-Qur’an dapat membentuk anak untuk menjadi anak yang berakhlak baik, berbudi pekerti bagus, sopan dan santun, serta menjadi anak yang shaleh. (2) Model penanaman akhlak berbasis budaya membaca al-qur’an di SDIT As-syafi’iyah Kendal Blembem Jambon Ponorogo melalui : Ibadah, larangan atau perintah (Amar Ma’ruf Nahi Munkar), memberi nasehat, dan memberi teladan. (3)Faktor pendukung model penanaman akhlak berbasis budaya membaca Al-Qur’an di SDIT As-sysfi’iyah yaitu: mentoring, monitoring, kegiatan pendung keagamaan serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah wali murid yang kurang bekerja sama dengan pihak sekolah, adanya kecanggihan teknologi yang mengganggu proses belejar siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
| Depositing User: | Editor FAI |
| Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:06 |
| Last Modified: | 03 Oct 2018 06:06 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
