IMPLEMENTASI PENDIDKAN AQIDAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-BAROKAH PURWANTORO WONOGIRI
LATIP, TRIWIDODO (2018) IMPLEMENTASI PENDIDKAN AQIDAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-BAROKAH PURWANTORO WONOGIRI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| ![HALAMAN DEPAN.pdf [thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | 
| ![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (411kB) | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Download (465kB) | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | 
| ![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | 
| ![lampiran.pdf [thumbnail of lampiran.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text lampiran.pdf Download (1MB) | 
Abstract
Latip Triwidodo, 2018. Implementasi Pendidikan Aqidah dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Katni, M.Pd.I (II) Anip Dwi Saputro, M.Pd
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Aqidah, Kesadaran beribadah
Pendidikan aqidah di Madrasah Ibtida’iyah Al-Barokah Purwantoro Wonogiri sangat ditekankan dan diprioritaskan kepada siswanya. Sehingga para siswa di Madrasah Ibtida’iyah Al-Barokah Purwantoro Wonogiri cukup baik Aqidahnya. Para siswa sadar untuk melaksanakan ibadah seperti membaca al-Qur’an, shalat lima waktu berjamaah, shalat dhuha,  dan berakhlak mulia hal ini ditunjukkan dengan mereka suka berbagi hadiah kepada teman, menjenguk teman yang sakit, mengucapkan salam ketika bertemu guru dan yang lainnya merupakan buah dari aqidah yang kuat. 
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Aqidah dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa, mengetahui hasil pendidikan aqidah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengann metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pendidikan Aqidah di Madrasah Ibtida’iyah Al-Barokah Purwantoro meliputi dauroh atau pembinaan guru, pembinaan siswa dan menciptakan lingkungan yang islami. Pembinaan guru meliputi adanya kajian-kajian setiap satu bulan sekali sehingga menghasilkan  aqidah yang benar dan mampu bekerja sama dalam pembinaan siswa. Kemudian pembinaan siswa meliputi pembelajaran di kelas, mengadakan mabit untuk menambah materi aqidah sehingga siswa menjadi anak yang beraqidah benar dan selalu taat dalam beribadah. Yang dimana di dalamnya mengajarkan tauhid seperti tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah dan asma’ wa sifat. Memulai pembelajaran dengan doa-doa, kemudian pengenalan rukun iman dan Islam beserta siapa yang wajib di imani dan cara beribadahnya. Penciptaan lingkungan yang islami yang meliputi adanya fasilitas yang memadahi seperti masjid untuk menerapkan kegiatan peribadatan, ustadz-ustadzahnya selalu berpakaian yang islami dan memberikan contoh dalam hal beribadah, lingkungan sekitar yang mendukung. Untuk faktor pendukungnya yaitu di sekolah Madrasah Ibtida’iyah ustadz dan ustadzahnya satu fikroh jadi lebih  mudah untuk menerapakan pendidikan aqidah dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswanya, mempunyai fasilitas yang memadahi seperti masjid untuk melaksanakan kegiatan beribadah, orang tua yang selalu ikut berperan untuk memantau anaknya dalam beribadah ketika dirumah. Faktor penghambatnya yaitu faktor orang tua yang kurang mendukung dalam memotivasi anak untuk menerapakan aqidah dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies | 
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies | 
| Depositing User: | Editor FAI | 
| Date Deposited: | 03 Oct 2018 06:35 | 
| Last Modified: | 03 Oct 2018 06:35 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4178 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      