MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA ENERGI BUNYI KELAS IV SDN II PULE TAHUN AJARAN 2017/2018



RIBUD, SETIAWAN (2019) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA ENERGI BUNYI KELAS IV SDN II PULE TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2.-BAB-I.pdf] Text
2.-BAB-I.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 3.-BAB-II.pdf] Text
3.-BAB-II.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 4.-BAB-III.pdf] Text
4.-BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[thumbnail of 5.-BAB-IV.pdf] Text
5.-BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of 6.-BAB-V.pdf] Text
6.-BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of 7.-DAFTAR-PUSTAKA.pdf] Text
7.-DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci :Pembelajaran Snowball Throwing, Prestasi Belajar¸ IPA
Pembangunan dalam dunia pendidikan yaitu usaha mencerdaskan serta
meningkatkan kualitas pendidikan manusia untuk mewujudkan masyarakat yang
maju, adil, dan makmur. Agar generasi masa depan cemerlang dan khususnya
pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang lebih baik, perlu diupayakan
langkah-langkah penyempurnaan mendasar, konsisten, dan sistematis sejak mulai
sekolah dasar. Oleh karena itu pendidikan yang berorientasi pada sekolah dasar,
perlu adanya pembaharuan dan inovasi di proses pengajarannya agar tidak hanya
mencatat, mendengarkan, ceramah dan sebagainya.
Seperti halnya yang terdapat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) II Pule, yang
berada di Desa Pule, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, ini dalam proses
pembelajarannya masih mencatat, mendengarkan ceramah, oleh karena itu perlu
diadakan perubahan. Inovasi yang baru sangatlah diperlukan untuk meningkatkan
semangat belajar peserta didik agar prestasinya semakin meningkat. Tidak hanya
itu saja juga meningkatkan mutu dan kualitas pembelajarannya.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN II
Pule Trenggalek, pelaksanaan siklus I tindakan I yang telah dilakukan, (1) kondisi
siswa dalam kelas masih pasif; (2) peneliti masih terlihat bingung dalam
menerapkan karena siswa belum memahami model pembelajaran Snowball
Throwing; (3) siswa sulit untuk mengeluarkan pendapatnya; (4) penugasan pada
lembar kerja Siswa (LKS) belum mendapatkan hasil yang maksimal, dengan
ketuntasan sebesar 40% dan belum memenuhi standar nilai KKM. Selanjutnya
peneliti melakukan siklus I tindakan II, dengan ketuntasan sebesar 60%.
Kemudian melakukan siklus II tindakan I yang memperoleh ketuntasan sebesar
80%, dan siklus II tindakan II dengan ketuntasan 100%.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I tindakan I, II dan siklus II
tindakan I, II yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli sampai dengan 28 Juli 2018
pada kelas IV SDN II Pule Trenggalek dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam “Energi Bunyi.” Penerapan model
pembelajaran Snowball Throwing juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
belajar serta siswa merasa senang karena model pembelajaran Snowball Throwing
sangat mudah untuk membantu daya ingat, karena proses pembelajarannya sambil
bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:52
Last Modified: 25 Mar 2019 04:52
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item