REPRESENTASI SIKAP TANGGUH PADA IKLAN PANADOL EXTRA – PEJUANG TANGGUH “MENARI” (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)



TIARA, RISTIYANTI PUTRI (2019) REPRESENTASI SIKAP TANGGUH PADA IKLAN PANADOL EXTRA – PEJUANG TANGGUH “MENARI” (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Iklan merupakan salah satu produk media massa. Ada salah satu jenis iklan
yaitu iklan elektronik. Iklan elektronik yang penulis ambil merupakan iklan di
televisi yaitu iklan Panadol extra – pejuang tangguh “menari” yang tayang pada
tahun 2018. Iklan panadol extra – pejuang tangguh “menari” menceritakan tentang
seorang laki – laki yang ingin memajukan desanya dengan menari karena desanya
kekurangan sumber daya sehingga desanya dikunjungi turis karena desanya
mempunyai budaya yang luar biasa, dengan menari desanya bisa tersenyum
kembali. Dalam iklan ini menunjukkan beberapa adegan dimana seorang laki –
laki itu mempunyai sikap tangguh. Sikap tangguh adalah sikap yang berani,
pantang menyerah dan tangguh. Sama seperti seorang laki – laki desa yang ada
pada iklan yang tangguh dan pantang menyerah melatih menari agara desanya
tersenyum. Untuk menganalisis iklan ini penulis menggunakan analisis semiotika,
semiotika sendiri merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang tanda –
tanda. Analisis semiotika digunakan oleh beberapa ahli da mempunyai model atau
cara penyusunan sendiri, sedangkan dalam analisis ini penulis menggunakan
analisis semiotika model Roland Barthes.
Kata kunci : iklan, sikap tangguh, semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 04 Apr 2019 02:22
Last Modified: 04 Apr 2019 02:22
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item