UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER (LT) PADA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF HASAN MUNADI
MUFLIKIN, ARIF (2019) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER (LT) PADA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF HASAN MUNADI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB 3 .pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (982kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas XI MA
Ma’arif Hasan Munadi. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah menerapkan
model pembelajaran learning together (LT) yang dapat meningkatkan minat belajar siswa
dalam pembelajaran matematika. Yang kedua adalah meningkatkan minat belajar siswa
dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran learning together
(LT) pada kelas XI MA Ma’arif Hasan Munadi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kualitatif yang mendeskripsikan pembelajaran dengan model pembelajaran learning
together (LT) dengan subjek penelitian siswa kelas XI MA Ma’arif Hasan Munadi. Data
yang dikumpulkan bersifat deskriptif yang menguraikan kegiatan pembelajaran. Data
diperoleh dari instrumen berupa angket minat belajar serta lembar observasi
keterlaksanaan kegiatan guru. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis
deskriptif.
Hasil dari penelitian ini, yang dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI
MA Ma’arif Hasan Munadi adalah sesuai dengan langkah pada model pembelajaran
learning together (LT) dengan upaya perbaikanya yaitu: 1) guru menyampaikan pelajaran
dengan cara yang menarik, 2) guru mengingatkan siswa tentang pentingnya berdiskusi
dengan baik, dan 3) guru harus pandai mengatur waktu berdiskusi dan presentasi hasil
diskusi serta sesi tanya jawab supaya tidak memakan waktu yang lama. Hal ini didukung
dengan hasil analisis lembar observasi keterlaksanaan kegiatan guru yang mencapai
kriteria sangat baik. Setelah diterapkan langkah tersebut terbukti bahwa indikator minat
belajar siswa dapat meningkat mencapai kriteria tinggi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Together (LT), Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 04:05 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 04:05 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |