ABSTRAKSI SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI KERUSAKAN GANGGUAN SAMBUNGAN TELEPON PT. TELKOM PONOROGO



AROSID, AJI (2012) ABSTRAKSI SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI KERUSAKAN GANGGUAN SAMBUNGAN TELEPON PT. TELKOM PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HAL DEPAN, BAB I aji.pdf]
Preview
Text
HAL DEPAN, BAB I aji.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II-V aji.pdf] Text
BAB II-V aji.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI
SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI KERUSAKAN GANGGUAN
SAMBUNGAN TELEPON PT. TELKOM PONOROGO
Aji Arosid
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Salah satu komponen penunjang operasional dalam bidang teknologi yang
sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah telepon, telepon
merupakan objek atau barang yang banyak dibutuhkan dalam menunjang aktifitas
keseharian, baik hanya sebagai objek penunjang atau maupun sebagai ujung
tombak dalam komunikasi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam
bidang komputer semakin pesat diantaranya perkembangan sistem pakar yang
merupakan bagian dari kecerdasar buatan. Pengetahuan yang dimiliki seorang
pakar dapat digabungkan dengan kemampuan komputer sehingga dapat
menghasilkan sebuah sistem pakar. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah
sistem pakar yang dapat mengidentifikasi kerusakan gangguan sambungan telepon
serta memberikan kemudahan informasi kepada pengguna telepon dalam
menemukan letak permasalahan yang terjadi pada sambungan teleponnya tanpa
terlebih dahulu melaporkan gangguan pada pihak Telkom. Sistem pakar ini akan
bekerja dengan mengakses basis pengetahuan yang menampung pengetahuan
mengenai berbagai kerusakan gangguan sambunagn telepon serta perbaikannya.
Sistem ini menggunakan metode forward chaining (runut maju) yaitu metode ini
melakukan pemrosesan berawal dari sekumpulan data untuk kemudian dilakukan
inferensi sesuai dengan aturan yang diterapkan hingga diketemukan kesimpulan
yang optimal. Dengan adanya sistem pakar ini pengguna bisa mengatasi sendiri
kerusakan umum pada gangguan sambungan yang terjadi pada teleponnya.
Kata kunci : Sistem pakar, telepon, diagnosa kerusakan gangguan sambungan
telepon, forward chaining

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 30 Apr 2014 07:25
Last Modified: 30 Apr 2014 07:35
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item