PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK SISWA SMP KELAS IX
SULISTYANI, PIPIT (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK SISWA SMP KELAS IX. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text
skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sulistiyani, pipit. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Sisi
Lengkung Untuk Siswa SMP Kelas IX. Skripsi. Program Studi
Matematika, FKIP. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Pembimbing Mashuri, M. Sc.
Kunci: media pembelajaran, macromedia flash dan bangun ruang sisi lengkung.
Bangun ruang sisi lengkung merupakan materi yang membutuhkan
visualisasi yang jelas dalam pembelajarannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu
media yang dapat memvisualisasikan bangun ruang sisi lengkung dengan jelas
dan mudah dipahami siswa. Salah satu upayanya adalah menggunakan media
pembelajaran matematika berbasis macromedia flash. Tujuan dari penelitian ini
adalah (1) untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis
macromedia flash pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa SMP kelas
IX, (2) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran matematika berbasis
macromedia flash yang dapat menumbuhkan motivasi belajar matematika siswa,
(3) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran matematika berbasis
macromedia flash yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan yang
berorientasi pada pengembangan produk yang berupa CD pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan melalui 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, evaluasi. Pada tahap implementasi peneliti melakukan uji coba
untuk siswa kelas IX di SMP N 2 Balong sebanyak dua kali. Instrumen dari
penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket pengalaman dan ketrampilan
siswa dalam menggunakan komputer, angket motivasi belajar siswa, angket
evaluasi media, tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis
macromedia flash ini adalah: (1) analisis materi, analisis karakteristik siswa,
merancang media dengan membuat story board dan flowchart, mengembangkan
media dengan menggunakan Macromedia Flash 8, uji coba media di SMP N 2
Balong. (2) media pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar siswa
terkait dengan media pembelajaran yang telah digunakan oleh siswa kelas IX G
SMP N 2 Balong, rata-rata skor tiap butir pada angket motivasi yaitu diatas 75%
dengan demikian termasuk dalam kriteria “sangat baik”. (3) Dari analisis tes
kemampuan awal dan akhir siswa menggunakan uji t, diperoleh rata-rata hasil tes
kemampuan akhir lebih besar dari hasil tes kemampuan awal yaitu nilai thitung =
11,043 > t0,05:33 = 1,645 jadi H0 ditolak, ini berarti terdapat peningkatan hasil
belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 02 May 2014 04:24 |
Last Modified: | 02 May 2014 04:24 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |