UPAYA GURU MENUMBUKAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB SISWA DALAM BELAJAR KELAS V MI MUHAMMADIYAH 12 NGAMPEL BALONG PONOROGO



Marzuqi, Mohammad (2020) UPAYA GURU MENUMBUKAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB SISWA DALAM BELAJAR KELAS V MI MUHAMMADIYAH 12 NGAMPEL BALONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN MARZUQI.PDF] Other
HALAMAN DEPAN MARZUQI.PDF

Download (314kB)
[thumbnail of BAB I MARZUQI.PDF] Other
BAB I MARZUQI.PDF

Download (127kB)
[thumbnail of BAB II MARZUQI.PDF] Other
BAB II MARZUQI.PDF

Download (205kB)
[thumbnail of BAB III MARZUQI.PDF] Other
BAB III MARZUQI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of BAB IV MARZUQI.PDF] Other
BAB IV MARZUQI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB V MARZUQI.PDF] Other
BAB V MARZUQI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka MARZUQI.PDF] Other
Daftar Pustaka MARZUQI.PDF

Download (94kB)
[thumbnail of LAMPIRAN MARZUQI.PDF] Other
LAMPIRAN MARZUQI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor penyebab anak kelas V kurang bertanggung jawab dalam belajarnya serta upaya guru dalam menumbuhkan perilaku tanggunng jawab di dalam belajar anak kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa, Kepala sekolah, Guru Kelas, Guru Agama dan Guru TPA. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data berdasarkan teori Milles dan Huberman yang meliputi: koleksi data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Untuk validasi data menggunakan teknik Trianggulasi dan Member Cheking. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) faktor penyebab kurang bertanggung jawabnya dalam belajar anak kelas V Madrasah Ibtidaiyah 12 Ngampel, yaitu: Kemampuan siswa termasuk rendah, tingkat kesadaran siswa rendah terhadap pentingnya tanggung jawab belajar dan kurang perhatiannya orang tua terhadap pendidikan anak. (2) Upaya guru dalam menumbuhkan perilaku bertanggung jawab dalam belajar anak kelas V Madrasah Ibtidaiyah 12 Ngampel, yaitu: siswa dikenalkan tentang pentingnya tanggung jawab dalam belajar, memberi keteladanan yang baik pada anak, pemberian sangsi pada anak yang sulit bertanggung jawab dalam belajar dan kerjasama pihak skolah dengan orang tua dalam memperhatikan dan mendidik anak.
Kata kunci: Upaya Guru, Tanggung Jawab Belajar, Perilaku Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Tanggung Jawab Belajar, Perilaku Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 06 Jan 2021 06:55
Last Modified: 06 Jan 2021 06:55
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item