PENGARUH PUZZLE GEOMEWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI BA„AISYIYAH RONOWIJAYAN



Fadlillah, M (2018) PENGARUH PUZZLE GEOMEWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI BA„AISYIYAH RONOWIJAYAN. Jurnal EDUPEDIA Jurmas : Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2 (2). pp. 139-147. ISSN ISSN 2614-1434 (Print) ISSN 2614-4409 (Online)

[thumbnail of 13. ASLI-Puzzle Geomewa.pdf] Text
13. ASLI-Puzzle Geomewa.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Hasil Peer Review Artikel 13 (Pengaruh Puzzle).pdf] Text
Hasil Peer Review Artikel 13 (Pengaruh Puzzle).pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 13. PENGARUH PUZZLE GEOMEWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI BA„AISYIYAH RONOWIJAYAN.pdf] Text
13. PENGARUH PUZZLE GEOMEWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI BA„AISYIYAH RONOWIJAYAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh puzzle geomewa terhadap kemampuan dan minat
anak dalam mengenal bentuk geometri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok usia 4-5 tahun di BA ‘Aisyiyah
Ronowijayan yang berjumlah 17 siswa. Karena kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri masih kurang
terasah. Oleh sebab itu peneliti menggunakan permaianan puzzle geomewa sebagai media pembelajaran untuk
mengasah kemampuan dan minat anak dalam mengenal bentuk geometri. Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penelitian one group pretestposttest.
Analisis data mengunakan uji t dan uji wicoxon dengan perhitungan manual. Berdasarkan hasil
perhitungan diketahui bahwa harga t hitung lebih keci dari harga ttabel (-12,61<1,746) maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Artinya bahwa ada perbedaan kemampuan anak sesudah menggunakan puzzle geomewa. Dalam uji
wilcoxon yang menujukkan bahwa nilai Whitung < Wtabel maka H0 ditolak. Sehingga dari perhitungan tersebut dapat
disimpulkan bahwa H1 diterima artinya minat anak sesudah menggunakan puzzle geomewa lebih baik dibandingkan
sebelum menggunaka puzzle geomewa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan dan minat anak, puzzle geomwa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:37
Last Modified: 15 Jan 2021 02:37
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item