STRATEGI PENGEMBANGAN PENGRAJIN MEBEL DI MASA PANDEMI COVID-19



Sayekti, Nani, Purnomo, Rochmat Aldy, Cahyono, Yeni, Hamidah, Choirul and Winanto, Asis Riat (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PENGRAJIN MEBEL DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 5 (2). pp. 226-236. ISSN P-ISSN: 2541-433X E-ISSN: 2580-0205

[thumbnail of 7a-Strategi Pengembangan Pengrajin Mebel Di Masa Pandemi Covid-19.pdf] Text
7a-Strategi Pengembangan Pengrajin Mebel Di Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 7c-Strategi Pengembangan Pengrajin Mebel Di Masa Pandemi Covid-19.pdf] Text
7c-Strategi Pengembangan Pengrajin Mebel Di Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 10 cp_STRATEGI PENGEMBANGAN PENGRAJIN MEBEL DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf] Text
10 cp_STRATEGI PENGEMBANGAN PENGRAJIN MEBEL DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP/article...

Abstract

Awal tahun 2020, Indonesia digemparkan dengan penyebaran masif virus Covid-19 yang membuat sektor
industri mengalami penurunan, baik industri besar maupun Usaha Mikro, kecil, menengah termasuk
pengrajin mebel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Pengrajin Mebel di Masa
Pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, informan dipilih
menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 usaha dagang. Metode pengambilan data menggunakan
teknik wawancara mendalam dan observasi lapangan. Analisis data menggunakan analisis SWOT untuk
mengevaluasi kekuatan (strenghts), kelemahan (waekness), peluang (opporunities), ancaman (threats). Hasil
penelitian menunjukan bahwa strategi kompetitif yang dapat digunakan guna memaksimalkan kekuatan
(strenghts) dan peluang (opportunities) serta meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang
ada dalam usaha pengrajin mebel di kabupaten Ponorogo yakni strategi pengembangan pasar, pengembangan
produk, dan pengembangan inovasi, meliputi meningkatkan dan menjaga komunikasi baik dengan jaringan
maupun konsumen, menjalin kerja sama dengan jaringan baru, serta meningkatkkan kualitas dan inovasi guna
menjaga loyalitas dan menarik pelanggan baru.
Covid-19; SWOT; pengrajin mebel

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Covid-19; SWOT; pengrajin mebel
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:07
Last Modified: 31 Aug 2023 09:35
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5774

Actions (login required)

View Item View Item