MATERI OTENTIK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INGGRIS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN



Indriastuti, Niken Reti (2016) MATERI OTENTIK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INGGRIS PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (2). pp. 20-23. ISSN 2303-2190

[thumbnail of 2016 - Artikel.pdf] Text
2016 - Artikel.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 2016 - Plagiasi.pdf] Text
2016 - Plagiasi.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of 2016 PeerReview_Materi Otentik Dalam PTK Pada Prodi Manajemen.pdf] Text
2016 PeerReview_Materi Otentik Dalam PTK Pada Prodi Manajemen.pdf

Download (444kB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/articl...

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu alternative bagi pengajar
untuk menyelesaika permasalahan di kelas. Salah satu permasalahan yang sering muncul
dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris adalah materi pembelajaran yang kurang
efektif. Maka seagai pengajar Bahasa Inggris untuk program studi Manajemen (English
for Specific Purposes) penulis juga mengalami permasalahan tersebut, sehingga penulis
terdorong untuk melakukan PTK guna meningkatkan prestasi Bahasa Inggris mahasiswa
Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan menerapkan materi otentik.
Materi otentik adalah materi pembelajaran dari sumber otentik dan dibuat bukan untuk
tujuan pembelajaran. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian
mahasiswa Manajemen yang sedang mengambil mata kuliah Business English khususnya
kelas B pada semester genap tahun akademik 2014/2015. Instrumen yang dipakai adalah
catatan lapangan, ceklis pengamatan, wawancara, kuisioner, dan tes. Sementara analisa
data dilakukan dengan cara penghitungan prosentasi dan deskripsi interpretasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan prestasi belajar Bahasa Inggris
(Business English) mahasiswa Manajemen mengalami peningkatan khususnya setelah
materi otentik tersebut diterapkan dengan menggunakan strategi berpasangan. Hal ini
dikarenakan jumlah mahasiswa yang cukup besar sementara penataan kursi juga sulit
dilakukan ulang. Dengan berpasangan meminimalisir mahasiswa yang cenderung tidak
mau aktif dalam proses pembelajaran. Dan dalam menyelesaikan tugas ketika jumlah
kelompok lebih kecil mahasiswa cenderung lebih bertanggung jawab dibandingkan jika
mereka berada dalam kelompok besar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: materi otentik, studi manajemen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:07
Last Modified: 31 May 2021 06:48
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item