MEMPERTAHANKAN IDEALISME MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR DI PONOROGO



Indriastuti, Niken Reti (2018) MEMPERTAHANKAN IDEALISME MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR DI PONOROGO. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (1). pp. 1-7. ISSN 2527-7049

[thumbnail of 2018 - Artikel.pdf] Text
2018 - Artikel.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 2018 - Plagiasi.pdf] Text
2018 - Plagiasi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2018 Peer Review_Mempertahankan Idealisme Mata Pelajaran Bhs Inggris SD.pdf] Text
2018 Peer Review_Mempertahankan Idealisme Mata Pelajaran Bhs Inggris SD.pdf

Download (439kB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/articl...

Abstract

Banyak sekolah dasar di kabupaten Ponorogo yang masih mempertahankan
keberadaan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran walaupun bahasa Inggris
tidak ada dalam kurikulum nasional sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengeathui idealisme apa yang dimiliki sekolah-sekolah tersebut
sehingga masih mempertahankan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran dan
sejauh mana usaha mereka dalam mempertahankan idealisme tersebut. Seting
penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Ponorogo dan SD Muhammadiyah
Terpadu Ponorogo yang merupakan sekolah swasta cukup favorit di
Ponorogo, subyek penelitian adalah mata pelajaran bahasa Inggris. Instrumen
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah interview dan observasi.
Sedangkan teknik analisa data memakai model Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil pengolahan data maka diperoleh gambaran bahwa kedua
sekolah tersebut memiliki alasan sebagai berikut: (1) mempersiapkan siswa
untuk menghadapai pelajaran Bahasa Inggris di SMP dan (2) membekali
siswa dalam menghadapi globalisasi dan kemajuan teknologi informasi
(ICT). Namun upaya untuk mencapai idealisme tersebut bisa dikatakan
kurang idealis yang disebabkan berbagai factor baik berasal dari pihak
otoritas sekolah: kepala sekolah dan guru bahasa Inggris maupun dari siswa
dan orang tua.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:32
Last Modified: 31 May 2021 06:49
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item