KAJIAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM DENGAN MODEL PJBL DALAM MENGASAH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA



Anindayati, Arista Tri and Wahyudi, Wahyudi (2020) KAJIAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM DENGAN MODEL PJBL DALAM MENGASAH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5 (2). pp. 217-225. ISSN p-ISSN: 2502-101X; e-ISSN: 2598-2400

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BUKTI SUBMITED (LoA).pdf] Text
BUKTI SUBMITED (LoA).pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 14. Artikel Kajian pendekatan pembelajaran stem dengan model pjbl dalam mengasah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.pdf] Text
14. Artikel Kajian pendekatan pembelajaran stem dengan model pjbl dalam mengasah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 14. Hasil Plagiasi Artikel No14 PENELITIAN.pdf] Text
14. Hasil Plagiasi Artikel No14 PENELITIAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/eksakta/ar...

Abstract

Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada
pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran, STEM menggabungkan empat bidang utama yaitu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika. Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang mengajarkan konsep melalui sebuah proyek yang berpusat pada siswa agar
siswa dapat bekerja secara kreatif dan kolaboratif. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan dan memberikan gambaran beberapa hal yang berkaitan dengan STEM sebagai pendekatan yang dapat mengintegrasikan pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika serta rancangan implementasi pendekatan pembelajaran STEM dengan model PjBL untuk meningkatan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah
kajian pustaka. Hasil kajian menunjukan bahwa beberapa kompetensi dasar dalam pembelajaran matematika dapat diintegrasikan dengan pendekatan STEM berupa aktifitas pembiasaan pendekatan STEM di kelas dan pemberian projek kepada siswa. Dengan demikian pengimplementasian
pendekatan STEM pada pembelajaran matematika dapat dilakukan di Indonesia dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas serta siap menghadapi tantangan dan
persaingan di era revolusi industri 4.0 di abad 21 ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: STEM, PjBL, Kreatif, Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 23 May 2022 07:25
Last Modified: 23 Jun 2023 08:21
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item View Item