PENERAPAN MODEL TSTS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN



SUHENDAR, UKI (2017) PENERAPAN MODEL TSTS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 2 (2). pp. 56-60. ISSN ISSN 2548-7809 (Online) ISSN 2527-6182 (Print)

[thumbnail of 1. artikel uki silogisme DESEMBER 2017.pdf] Text
1. artikel uki silogisme DESEMBER 2017.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 1. peer review penerapan model tsts.pdf] Text
1. peer review penerapan model tsts.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 1. plagiasi PENERAPAN MODEL TSTS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN.pdf] Text
1. plagiasi PENERAPAN MODEL TSTS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/

Abstract

Kepercayaan diri dalam belajar harus dimiliki mahasiswa. Namun, kenyataan yang terjadi
pada mahasiswa semester 1 tahun 2016/2017 pada mata kuliah Fondasi Matematika masih
belum maksimal. Teori Bilangan merupakan mata kuliah yang diberikan untuk mahasiswa
semester 2 program studi pendidikan matematika di Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa pada
mata kuliah Teori Bilangan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Dengan
demikian diharapkan mahasiswa akan lebih percaya diri dalam belajar pada mata kuliah
lainnya di prodi Pendidikan Matematika. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam dua
siklus. Hasil analisis data sebelum dilaksanakan penelitian adalah sebesar 18,52 % dari
keseluruhan mahasiswa yang mempunyai kepercayaan diri tinggi. Setelah dilakukan analisis
data akhir siklus 2, diperoleh bahwa persentase jumlah mahasiswa yang belum memiliki
kepercayaan diri tinggi adalah sebesar 22,22%. Langkah-langkah TSTS yang digunakan
untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa adalah dengan upaya perbaikan berupa
dosen memberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal LKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self Confidence, Teori Bilangan, Two Stay TwoStray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:45
Last Modified: 25 Mar 2021 01:45
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6313

Actions (login required)

View Item View Item