Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII



Octaviyunas, Asurya and EKAYANTI, ARTA (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2). pp. 341-352. ISSN p-ISSN: 2086-4280 e-ISSN: 2527-8827

[thumbnail of ARTIKEL 8.pdf] Text
ARTIKEL 8.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PEER REVIEW_PENGARUH MODEL GQGA DAN TPS PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA.pdf] Text
PEER REVIEW_PENGARUH MODEL GQGA DAN TPS PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of TURNITIN_Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII(2).pdf] Text
TURNITIN_Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII(2).pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php...

Abstract

Penelitian ini didasari atas permasalahan pentingnya kemampuan penalaran matematis dan
pencapaiannya yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh
model pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap kemampuan
penalaran matematika siswa, dan efektifitasnya dalam meningkatkan kemampuan tersebut.
Populasi Penelitian eksperimen semu ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Balong. Kelas
VIIA diberi pembelajaran dengan model TPS sedangkan kelas VIIB dengan model GQGA.
Instrumen pengumpulan data berbentuk tes, meliputi soal pretest dan posttest. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran GQGA berpengaruh terhadap kemampuan penalaran
siswa kelas VIIB dengan peningkatan yang terjadi dari nilai pretest ke posttest. Begitu juga
dengan model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika
siswa kelas VIIA dengan peningkatan nilai pretest ke posttest. Model pembelajaran GQGA tidak
lebih efektif daripada model pembelajaran TPS dalam meningkatkan kemampuan penalaran
matematika siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; GQGA; TPS; mathematical reasoning abilities; Model Pembelajaran; GQGA; TPS; Kemampuan Penalaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 29 Mar 2021 09:28
Last Modified: 29 Mar 2021 09:28
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item