Analisis Penerapan Moodle dalam Pembelajaran (BIPA) Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Universitas Muhammadiyah Ponorogo



Rahmawati, Ida Yeni Analisis Penerapan Moodle dalam Pembelajaran (BIPA) Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. In: Kongres Bahasa Indonesia ke XI.

[thumbnail of 16. HASIL PLAGIASI ANALISIS PENERAPAN MOODLE.pdf] Text
16. HASIL PLAGIASI ANALISIS PENERAPAN MOODLE.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 16. PROSIDING NASIONAL KBI XI ANALISIS PENERAPANA MOODLE.pdf] Text
16. PROSIDING NASIONAL KBI XI ANALISIS PENERAPANA MOODLE.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PR GAB 16.pdf] Text
PR GAB 16.pdf

Download (961kB)
Official URL: http://repositori.kemdikbud.go.id/10974/

Abstract

Di era digitalisasi seperti saat ini perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, khususnya dalam
dunia pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. Perkembangan teknologi tersebut antara lain, penerapan elearning. E-learning sudah saatnya diterapkan diberbagai kalangan, baik di kalangan pendidikan formal maupun
pendidikan non formal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan moodle, dalam pembelajaran
BIPA di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan deskriptif
kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Dikatakan studi kasus dikarenakan permasalahan
yang dibahas mengenai seluk beluk penerapan moodle dalam pembelajaran BIPA. Hasil penelitian ini adalah
melalui adanya penerapan moodle dalam pembelajaran BIPA, mahasiswa semakin terbantu karena kemudahan dan
keterbukaan dalam proses pembelajaran, dan termotivasi untuk intensif serta komprehensif dalam memelajari BIPA.
Pembelajaran e-learning melalui moodle ini, juga memiliki keunggulan yakni, dapat digunakan untuk penerapan
empat aspek keterampilan berbahasa, pada pengajaran BIPA. Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut
meliputi, membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui
penerapan e-learning yang berupa moodle, maka akan semakin membantu semua pihak dalam proses pembelajaran.
Hal ini dikarenakan, segala kebutuhan dalam proses pembelajaran dapat tersajikan melalui penerapan moodle secara
praktis,dan efisien, namun tidak mengurangi kualitas pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 31 Mar 2021 17:55
Last Modified: 31 Mar 2021 17:55
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6408

Actions (login required)

View Item View Item