ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PRODI PPKn UNMUH PONOROGO TAHUN 2018)



UTAMI, PRIHMA SINTA (2019) ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS PADA PRODI PPKn UNMUH PONOROGO TAHUN 2018). Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 7 (1). pp. 10-17. ISSN Print ISSN: 2302-433X Online ISSN : 2579-5740

[thumbnail of 3. ARTIKEL ANALISIS INTERNALISASI.pdf] Text
3. ARTIKEL ANALISIS INTERNALISASI.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 3. HASIL PLAGIASI ANALISIS INTERNALISASI.pdf] Text
3. HASIL PLAGIASI ANALISIS INTERNALISASI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 3. PEER REVIEW ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf] Text
3. PEER REVIEW ANALISIS INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf

Download (891kB)
Official URL: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenshi...

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan hasil penelitian tentang analisis
pelaksanaan pendidikan multikultural pada pembelajaran di Perguruan Tinggi study kasus
pada prodi PPKn Unmuh Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
internalisasi pendidikan multikultural melalui 5 dimensi James A.Banks, yaitu: 1) Content
Integration nampak pada integrasi budaya melalui sebaran mata kuliah, 2) Knowladge
Construction melalui pemahaman kebudayaan nusantara melalui kegiatan observasi lapangan
terkait satu budaya tertentu, 3) An Equity Pedagogy nampak pada keterlibatan mahasiswa
dalam pembuatan history project , 4) Prejudice Reduction meminimalisir sikap rasis
mahasiswa melalui penerapan metode diskusi aktif, 5) An Empowering School Culture
tergambar pada kegiatan akademis melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan seminar,
lomba kebangsaan serta kegiatan sosial di kampus atau diluar kampus untuk non akademis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural, Rasisme, Kebudayaan, Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 18 May 2021 03:40
Last Modified: 18 May 2021 03:40
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item